Bagaimana Menentukan Judul Artikel Yang Benar? - Saat Anda mencari sebuah informasi pada google penelusuran, dengan mengetikkan beberapa kata kunci, maka google akan menampilkan 10 top daftar judul artikel yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. Karena sumber trafik terbanyak yang Anda terima dari search engine, hampir 85% tergantung bagaimana Anda menentukan judul Artikel yang benar pada blog Anda. Jika Anda fokus untuk memberikan sedikit saja perhatian Anda untuk menentukan judul artikel yang benar, maka tidak ada lagi hal yang perlu untuk dioptimalkan.

Banyak yang bilang bahwa google indeks bukan hanya menjelajah di judul saja, tetapi keseluruhan isi konten. jawabannya: memang benar, namun jika kita kaitkan dalam kategori SEO, konten itu adalah raja, namun judul akan mengikuti setelahnya dalam hal prioritas. Oleh sebab itu Search Engine butuh alasan untuk memberikan posisi peringkat pada judul artikel Anda, karena judul merupakan hal yang sangat penting setelah konten. Itu sebabnya ada istilah yang dinamakan Optimalisation judul.

Saya bukan membicarakan hal tentang "Harus begini cara menulis judul Artikel", namun bagaimana mengembangkan tehnik SEO untuk membawa judul artikel keposisi yang tepat dalam daftar search engine (google penelusuran) dengan 3 tehnik. Semoga dengan ke-3 tips ini, dapat membuat judul Artikel Anda berada pada posisi yang diharapkan.
  1. Analisis Keyword Sebelum Menentukan Judul
  2. Perhatikan Jumlah Karakter
  3. Usahakan Membuat Judul Yang Menarik


1. Analisis Keyword Sebelum Menentukan Judul
Hal ini menimbulkan sebuah pertanyaan seperti ini - "Apakah Anda membaca ulang konten sebelum di publikasikan?", untuk menghindari penulisan kata yang salah (salah ketik) coba untuk selalu meneliti terlebih dahulu kata-kata yang Anda gunakan, sehingga saat konten Anda diterjemahkan, akan memperlihatkan susunan kata yang baik dan benar.

Menggunakan kata yang benar, maka akan menghasilkan karya tulisan yang benar pula.


2. Perhatikan Jumlah Karakter
Lebih baik menggunakan judul yang pendek daripada melakukan penjejalan kata kunci. Search Engine memberikan peraturan tentang hal menentukan jumlah kata kunci per baris dengan 66 karakter. Jadi jika Anda menggunakan terlalu banyak kata kunci pada judul, maka Anda hanya akan membuat judul Anda menjadi membingungkan di mesin pencari dan google akan menganggapnya sebagai spam. Dalam hasil penelusuran, Google hanya menampilkan sekitar 66 karakter pertama dari judul Anda, Sisa dari judul akan dipotong.

Contoh judul -
Cara Mudah Membuat Dan Memodifikasi Tampilan Daftar... (sisa karakter terpotong)

Lihat bagaimana teks judul yang dipotong setelah menampilkan sekitar 66 karakter? Inilah yang perlu Anda hindari. Sekarang lihat judul dibawah,

Bagaimana Menentukan Judul Artikel Yang Benar?

Saya hanya menggunakan 46 karakter pada judul artikel ini termasuk spasi, jika Anda melihat hasil seperti ini pada google penelusuran, judul mana yang akan Anda "KLIK", (judul yang terpotong atau judul yang tampil secara keseluruhan). Karena faktanya, menggunakan jumlah kata maksimal (batas) 66 karakter pada judul akan menghasilkan trafik 100-250 pengunjung per hari.


3. Usahakan Membuat Judul Yang Menarik
Berpikirlah atas apa yang mereka (pengunjung) suka dan tidak suka. Jangan pikirkan agar judul Anda bisa meraih posisi pertama di search engine, namun buktikan bahwa judul Anda merupakan informasi yang terbaik dalam setiap aspek. Google menyukai kesederhanaan seperti penggunaan kata kunci dan judul yang pendek, tetapi pengunjung menyukai apa yang menurut mereka menarik. Jadi walau judul Anda tidak pada posisi pertama tetapi menarik, maka pengunjung akan tertarik untuk melihatnya walau itu pada posisi 8 (delapan).

Beberapa tehnik diatas merupakan hal yang perlu untuk dilakukan dalam bagaimana menentukan judul artikel yang benar, sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang menarik untuk dikunjungi. Karena Anda tidak akan pernah tahu pada posisi berapa judul Anda saat ini dalam daftar google penelusuran. Namun Anda sudah tahu bagaimana menulis judul yang menarik. Setelah ini baru menentukan Jumlah Kata Yang Ideal Untuk Membuat Artikel.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA

Judul= Bagaimana Menentukan Judul Artikel Yang Benar?
Ditulis oleh= Devy Indriyani
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip (meng-Copy), baik itu sebagian atau keseluruhan isi dari artikel ini harap menyertakan link dofollow ke >>
= TERIMA KASIH =

28 komentar

  1. ternyata pengaruh juga ya dalam jumlah karakter :-)
    ternyata ngeblog itu ribetd juga ya mbak :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama seperti saya kok mas, yang belum banyak paham tentang tutorial blog, sehingga terkadang ngeblog menjadi sesuatu yang ribet untuk dikelola, tetapi jika sudah paham sedikit pasti mengelola blog tidak seribet yang kita bayangkan.

      Hapus
    2. Saya ikutan belajar menentukan judul artikel yang
      Benar nih Mbak Devy, agar blog saya gak sepi pengunjung
      Makasih atas tips bermanfaat ini *salam santun dan sukses selalu :))

      Hapus
    3. kangjum lagi ternyata yang nyorobot pertamax nya :D

      Hapus
    4. iya nich pak :d
      lagi aktif BW saya nya :p

      Hapus
  2. Salam pagi Mbak Devy yang baik hati, yang tak bosanya
    Berbagi buat sobat blogging. Keren nih Mbak Judul blog nantinya
    Akan lebih menarik dan banyak yang menyukai. makasih atas triknya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti yang tertera pada title description blog ini mas, berbagi pengetahuan seputar tutorial blog, jadi sampai kapan pun saya tidak akan bosan berbagi apa yang saya ketahui.
      bukan begitu kang saud, hehe...

      Hapus
  3. Kalau sy Mba Vy..!, nda peduli judul artikelnya mau bagaimana,.. yang penting gambar css yg terlipat sebelah kanan sudut atas kodenya css apa?, :)) ,

    (untuk perbaikan isi artikel, rencananya mau pasang yg seperti itu).. cheer

    BalasHapus
    Balasan
    1. di mana kau Vy..! ;((

      Hapus
    2. hadir mas, kalau itu bukan gambar mas, tetapi tabel box, kan sudah pernah devy share sebelumnya.

      mas bisa lihat kodenya di sini-
      Efek Border Box

      Hapus
    3. makasi Vy..!, tp nyangkut tadi saat dibawa pulang..!

      Hapus
    4. hmm..terimakasih kembali.

      Hapus
    5. tambah keren hasilnya Vy..!, sekali lg makasi ya..! :))

      Hapus
  4. jumlah karakter nih yang lumayan susah, soalnya nggak pinter bermain-main dengan kata, hmm....

    BalasHapus
    Balasan
    1. google menyediakan media untuk menghitung keyword atau jumlah karakter pada kata-kata atau teks kok mas, "Google Keyword"

      Hapus
  5. kalau saya sih ngasal aja kak kalau bikin artikel, sesuai dengan mood aja, biarlah mbah goggel dan para pengujung yang menilai tulisan saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali mbak jika untuk menulis artikel, itu sesuai atas apa yang kita ingin tuliskan, namun berbeda dengan saat menuliskan judul, karena faktanya judul yang panjang tidak akan di muat semuanya dalam hasil penelusuran, hanya 66 karakter termasuk spasi, selebihnya judul akan terpotong, sehingga saat pengunjung membaca judul artikel kita, tidak paham akan menjelaskan apa karena sebagian teks yang sudah terpotong.

      Hapus
  6. terima kasih telah berbagi ilmu mbak,dapat menambah wawasan saya untuk tulisan artikel selanjutnya

    BalasHapus
  7. judul yang menarik, unik dan orisinil itu yang sangat efektif ya mbak, apalagi ditambah dengan informasi yang fresh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena kita dalam persaingan mas, jadi bagaimana sesuatu hal yang akan kita sampaikan bisa memberikan perhatian yang menarik buat para pengunjung.

      Hapus
  8. nah ini yang menurut saya hal sepele namun kurang dipahami atau mungkin disdari oleh blogger unyu2 seperti saya... :D

    BalasHapus
  9. Saya sih suka judul yang pendek, tapi terkadang muncul idenya panjang, jadi ribet juga neh nulisnya hehe...

    Salam dari Pulau Dollar

    BalasHapus
  10. Perlu dan ada triknya juga ternyata ya mbak :)

    BalasHapus
  11. Biasanya aku gk trlalu memperhatikan judul artikel nih, trnyata pengaruh juga ya sama search engine. Oke, berikut ini ikut tips ini deh. Makasih tipsnya..

    BalasHapus
  12. Wow, makasih ilmunya mbak Devi..baru pertama ini maen kesini. ternyata blogmu penuh dengan informasi dunia ke bloggeran. dapet ilmu banyak maen disini..Lain kali aku akan lebih memperhatika judul juga, ah....Aku juga sering ngasih judul kepanjangan...hehehe

    BalasHapus
  13. Untuk keyword densiti bagaimana ya mbak? :) Kalau soal judul saya ngikut saran bos juragan cipir hehe. Karena memang aneh sekali beliau bisa ngacak-ngacak page one google padahal tidak berkaitan. Hmm masih perlu belajar tentang judul nih..

    BalasHapus

  • Design
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • JQuery
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • CSS
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • HTML
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • JavaScript
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK