Manfaat Sering Berkomentar Di Blog Lain - Berbagi, bertanya, berkenalan atau sekedar memberi salam hingga mengkritik tulisan yang kita baca di blog lain sering kita lakukan saat berkomentar. Tetapi banyak juga sahabat blogger yang terkesan serius memberi komentar dengan tujuan ingin membahas apa yang mereka baca kepada sipenulis artikel, karena secara umum fungsi ditampilkannya kolom komentar tujuannya adalah memang kearah sana. Namun, hasil apa yang akan kita dapatkan jika kita sering melakukan hal itu?. Dalam dunia blogging selalu ada unsur SEO didalamnya, yang jika kita hubungkan dengan apa "Manfaat Jika Sering Berkomentar Di Blog Lain", maka kalimat komentar seperti:

  • Terimakasih gan..!
  • Kunjungi juga donk.!
  • Sangat bermanfaat
  • Blognya keren
  • Izin nyimak
  • Artikelnya sangat membantu
  • Bahkan hanya menyisipkan ICON Comment


Tidak akan pernah lagi Anda ucapkan atau tuliskan sebagai bahasa komentar, bukan karena cara berkomentar seperti itu tidak baik atau tidak bermanfaat, namun apa yang Anda lakukan hanya membuat pekerjaan Anda sia-sia. Lalu kalimat apa yang sepantasnya kita tuliskan dalam komentar?, ini hanyalah sebuah pilihan, karena » Memberi Komentar Secara Baik Dan Benar Di Blog sebenarnya ada peraturan dan tata cara yang harus kita lakukan, agar apa yang sudah kita tuliskan dapat memberikan manfaat buat optimasi blog kita. Pertemuan kali ini, saya akan memberikan poin-poin seberapa manfaat jika kita sering berkomentar di blog lain, diantaranya:

1. TRAFIK
Banyak sumber untuk mendapatkan trafik blog agar meningkat, seperti share artikel pada sosial media, akan tetapi kita tidak dapat memastikan apakah artikel tersebut akan mereka (pengunjung) baca atau tidak, namun jika kita sering berkomentar di blog lain sudah pasti 40% diantaranya blog akan mendapatkan kunjungan balik (backlink).

Jika Anda berkomentar di blog lain dengan jumlah 100 blog/hari, dipastikan minimal 40 diantaranya akan melakukan hal yang sama ke blog Anda, dan itu sudah pasti blog Anda mendapat 40 visitor/hari, karena seorang blogger sejati akan dengan senang hati berkunjung ke blog Anda dan berkomentar jika Anda berkomentar juga di blog mereka, jadi kalimat komentar seperti "Ditunggu Kunjugan Baliknya" tidak perlu Anda ucapkan, bahasa komentar seperti itu akan membuat sipemilik blog enggan atau MALAS bertamu di blog Anda, karena diduga artikel yang ia informasikan tidak Anda baca.

2. PROMOSI BLOG

Berkomentar


Dengan berkomentar di blog lain, secara tidak langsung Anda sudah mempromosikan blog Anda, bukan hanya kepada admin blog, tetapi kepada semua sahabat blogger yang juga berkomentar di blog yang sama dengan Anda. Itu sebabnya Mencari Backlink Melalui Kolom Komentar | Serp Blog banyak dilakukan webmaster sebagai trik ampuh untuk meningkatkan lalu lintas page view, karena tidak menutup kemungkinan orang lain yang juga berkomentar di blog yang sama akan tertarik dengan bahasa komentar Anda, dan melakukan KLIK ke blog Anda. Suatu hal yang bermanfaat bukan?


TIPS

Berkomentar ibarat kita berbicara, jika Anda berbicara untuk membahas topik artikel tentang "Manfaat Buah Semangka Buat Kesehatan", lalu lawan bicara Anda membalas dengan kalimat "Artikelnya Keren" apa yang Anda rasakan? kira-kira nyambung tidak, hehe..!!.
Dan jika ingin blog Anda banyak yang berkomentar, permudah cara berkomentar di blog Anda, karena saya dan sahabat lain yang akan berkomentar hari ini hanya sebagai tamu, yang bisa saja pergi jika pintu rumah Anda selalu terkunci.

Defenisinya adalah sikap saling menghargai, singkatnya "Buatlah Orang Lain Senang, Layaknya Anda Ingin Di Buat Senang".



3. DESKRIPSI KATA KUNCI
Mungkin kalimat seperti ini sering Anda temukan, saat mencari sebuah informasi pada Google Penelusuran, maka dengan mengetikkan kata kunci sebagai target ada beberapa dekripsi singkat setelah judul artikel. Saat kita buka, kita tidak menemukan kalimat itu dalam artikel, karena kalimat itu sumbernya dari komentar Anda. Jika Anda memberi komentar di blog lain secara baik dan relevan (sesuai topik bahasan), google akan menilai kualitas tulisan itu sebagai deskripsi kata kunci yang bermanfaat, dan sumbernya adalah dari komentar Anda, maka posisi blog Anda akan diperhitungkan dalam data base google penelusuran.

4. REVIEW
Beberapa sahabat ada yang sekedar iseng saja berkomentar, tetapi ada juga yang serius berkomentar. Mereka yang serius berpendapat ngeblog adalah berdiskusi, berbagi dan saling bertukar informasi antar sesama, seperti komentar yang panjang, komentar yang membangun dan saling melengkapi akan membuat beberapa pihak suka dengan bahasa komentar itu. Hal ini akan membuat mereka terkesan dengan blog kita, dan tanpa kita minta mereka membuat sebuah artikel yang membahas seputar blog kita. Artinya ada beberapa pihak yang membuat sebuah artikel yang membahas seputar nice blog Anda, itu tidak Anda minta, tetapi karena komentar Anda baik dan relevan mereka akan senang hati me-Riview blog Anda. Manfaatnya, hanya karena komentar Anda yang baik dan bijak dan itu sering Anda lakukan, blog Anda dipromosikan orang lain tanpa Anda minta.


Poin-poin diatas sudah pasti kita dapatkan, dan mungkin masih banyak manfaat lagi yang bisa kita peroleh jika kita sering berkomentar di blog lain, Anda bisa melengkapi tulisan ini jika kiranya masih ada manfaat yang terlewat. Dan saya mohon maaf, jika kiranya ada salah bahasa dalam tulisan ini, bukan sebagai sindirin, tetapi untuk mengajak sahabat semua pecinta SAHABAT BLOGGER 77 untuk lebih menghargai tulisan orang lain dengan cara berkomentar. Salam SB-77 Web Design.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA

Judul= Manfaat Sering Berkomentar Di Blog Lain
Ditulis oleh= Devy Indriyani
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip (meng-Copy), baik itu sebagian atau keseluruhan isi dari artikel ini harap menyertakan link dofollow ke >>
= TERIMA KASIH =

84 komentar

  1. Balasan
    1. hhahahaha, ini og pertama yg nyepam ,,,,, :D

      Hapus
    2. Dimaafkan kok mas Al, padahal salah mas Al apa Devy kagak tahu, kok minta maaf ya, hehehe..!!

      Hapus
    3. alhamdulillah,. syapatau ada salah,.
      kebetulan judulnya manfaat berkomentar,..kan kita tidak tahu.. dibagian mana komentar kita ada yg tidak bagus begitu .. jadi pertamaksnya dibuka dgn kata itu sj. ..yg kata mas Fi.. spam.. :-?

      Hapus
    4. harus dijewer nih penyepam pertama hehe..

      Hapus
    5. mohon penjelasan rinci bagaimana cara menjewernya kak...mpliss...ditunggu pencerahannya (p)

      Hapus
    6. baru dibilangin aja Mas Al udah mulai nyepam....

      Hapus
    7. hahah... =)) nyepam pertama kena batunya.. :)

      Hapus
    8. kena batu kecubung lagi yang saat ini sedang booming dimana-mana. hehe..!!

      Hapus
  2. dh bisa ditebak nih, kalo sy bnyak komentar yg OOT dri pada sesuai topik ,,,,hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau menurut Devy lebih baik melakukan hal seperti itu, daripada komentar singkat, komentar OOT bukan termasuk Spam, hanya jika mereka berkomentar diluar topik bahasan, akan membuat pengunjung lain merasa bingung akan bahasan artikel.

      Hapus
    2. heheheheh, yg pnting teh yg awalnya kenal jadi kenal yg awalnya biasa jadi luar biasa ,,, :)

      Hapus
  3. Komentar itu juga terkadang dibaca ya mbak oleh para pengunjung.. kadang ada beberapa komentator yang ngerti dengan bahasan sehingga biarpun sudah selesai membaca artikel, mereka (pengunjung) tetap membaca komen sampai habis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti kode rel='nofollow' kode ini mungkin terdapat pada HTML Template area tag komentar, artinya, bukan hanya pengunjung yang menilai kalimat komentar yang kita sampaikan, tetapi botgoogle juga mengindeks komentar.

      itu sebabnya ada istilah Spammer Comment.

      Hapus
    2. nah komentar dan jawaban seperti ini yang bermanfaat, dan baru ngerti tentang spammer comment, walau dikit..

      Hapus
  4. sebenarnya bingung juga, mau berkomentar bagaimana di blog teman2..

    berkomentar sesuai topik.. jadi terlihat kaku.. kadang berpikir,. inih komentar saya seperti org pinter sj.., atao seperti jaim2 begitu,.

    dibuat sedikit miring/lucu.. takutnya ada yg tersinggung.., padahal muatan kata2nya tidak sampai ke situ..

    tp yg pastinya.. tetap berkomentar ria ya..Vy ? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya sih, komentar yang paling baik yang seolah-olah kita itu pengunjung dari search engine, yia biar ada nilai tambah bagi pengunjung yang sebenarnya...

      Hapus
    2. apa yang harus dibingungkan mas Al, ya ibarat kita berharap sesuatu tetapi yang kita dapatkan bertolak belakang dari apa yang kita harapkan, bagaimana.? saya kira tidak mau bukan.!

      sama seperti berkomentar, mas Al suka bercanda, ya bahas dahulu topik artikel yang dibaca, setelahnya sisipkan sedikit canda disana, pasti akan lebih baik dari pada hanya ucapan "Thanks"

      Hapus
  5. ternyata komentar kita itu berkhasiat ya bagi pemilik artikel.. terkadang saya bingung jika harus komentar yang aku ga ngerti, ada juga yang ngambek ketika saya kasih komentar yang relevan dengan beberapa pertanyaan, yang dia artikan seakan terkesan menekan dan menghapus komen saya hehe.. ternyata orang itu macam macam ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah... kalau seperti itu sih yang punya blog yang nggak beres, hahah... masa pertanyaannya di hapus, kalau emang nggak bisa jawab yia biarkan saja, barangkali ada blogger lain yang lihat terus mau bantu jawab, bukan begitu?...

      Hapus
    2. saya juga sering kok teh menghapus komentar yang masuk, namun komentarnya saya pilih mana yang mesti dihapus, biasanya komentar yang hanya mengucapkan nice post http://.......com.
      sudah komentar kagak nyambung malah menyisipkan alamat link. dari pada blog kita kotor dengan komentar seperti itu, kan lebih baik dibersihkan, hehe..!!

      Hapus
    3. kalau saya sih gak dihapus sista....biarkan saja, dan kita bisa mengambil keuntungan dari komentar tersebut. minimal buat pembelajaran bagi yang lainnya juga. kalau komentar itu juga ada etikanya. dan mereka juga harus tau manfaat berkomentar di blog lain agar blogwalkingnya tidak sia-sia.

      Hapus
    4. saya juga pernah membiarkan komentar seperti itu mbah, tetapi malah menjadi contoh kalimat komentar berikutnya buat sahabat lain.

      nah kalau komentar seperti teh santika yang bertanya, komentar seperti itu yang paling saya sukai, setidaknya suasana bercerita menjadi lebih hidup karena adanya tanya jawab

      Hapus
  6. Saya sendri sudah banyak merasakan manfaat luar biasa dari blogwalking mbak, biar saja orang mau bilang ndak perlu, hanya mencari backlink, menaikkan trafik, sebab kalau di kaji itu merupakan sesuatu yang pantas, namanya saja sudah memberi, wajar kalau menerima :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. blogwalking kan belum tentu berkomentar mas, berkomentar adalah jejak untuk memberitahu kepada orang banyak termasuk sipemilik blog, bahwa kita ingin berdiskusi dikolom komentar.
      sedangkan blogwalking lebih kepada kunjungan, saya sering berkunjung ke blog mas ibrahim, tetapi karena saya jarang berkomentar mas tidak tahu kalau saya sering bertamu, dengan berkomentar sudah pasti ada tamu di blog kita.

      Hapus
    2. setuju sama om ibrahim 8-)

      Hapus
  7. bener mbak dewi, kadang males kalo ada yang komen nyepam gitu. mending gak usah komen ya... hehe

    BalasHapus
  8. yia betul sekali komentar yang sifatnya hanya meninggalkan jejak atau unjuk gigi ini memang pekerjaan sia-sia, sangat kecil sekali kemungkinannya buat mendapat manfaat berkomentar seperti yang diterangkan diatas. jangankan di review, di kunjungi balik juga nggak, hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang malas merespon....balas pake tanda titik-titik aja gan.

      ........

      Hapus
    2. Benar bos Comtel, uang tidak berkurang seperak pun jika kita berkomentar yang baik, jadi tidak ada ruginya, kalau merasa rugi ya lebih baik jangan berkomentar itu akan lebih baik.

      Hapus
  9. tapi kadang sist. komentar kita sering dianggap spam oleh blog yang mempunyai pr tinggi, nah saya pingin tau batasan batasan komentar itu spam atau tidak

    BalasHapus
    Balasan
    1. spam kalau kamu komen pendek dan tidak nyambung....apa lagi kalau meninggalkan link....kecuali link itu untuk memberi penjelasan tambahan dalam pembahasan. itu lain lagi artiannya gan.

      Hapus
    2. Google mempunyai alogaritme untuk mendeteksi komentar dalam kategori SPAM, jadi bukan siempunya blog yang memutuskan komentar itu spam atau tidak mas Koswara, mungkin mereka beranggapan artikel yang mereka terbitkan tidak Anda hargai karena adanya pengunjung yang berkomentar iseng-iseng doang. jadi mereka mengatakan komentar Spam.

      Sebagai contoh seperti ini, Anda berkomentar yang panjang, baik dan relevan sesuai topik bahasan artikel, tetapi akun profile yang anda gunakan sebagai cara berkomentar menggunakan OpenID setiap kali Anda berkomentar di blog lain, komentar Anda akan memberikan kesan positif kepada orang banyak terutama sipemilik blog. tetapi google menganggap komentar Anda SPAM karena diduga sengaja berkomentar hanya untuk mencari backlink. Lalu Anda akan pilih cara berkomentar seperti apa,?
      Berkomentar Spam seperti yang dikatakan blog PR tinggi, atau berkomentar yang dianggap google Spam Comment.?

      Hapus
  10. setuju sekali sista...kalau ditempat saya berkomentar bebas aja asal ada satu komentar yang berhubungan atau relevan dengan apa yang saya tulis. sisa silahkan untuk bercanda walau kadang tidak nyambung, karena itu saya anggap kawan-kawan melepaskan candaan dalam silaturrahmi...

    selanjutnya masalah komentar yang kadang cuma bilang "artikel bagus, kunjungan balik ya, terima kasih". yang lucu lagi ada kunjungan yang bilang nice artikel, kunjungan balik ya dan klik iklannya". saya cuma ketawa aja melihat kekonyolannya...dan yang harus disadari dari komentar, sebenarnya komentar itu malah memberikan point tersendiri bagi kunjungan kita dan kalau sesingkat apapun komentar usahakan mengandung kata kunci...yah itulah yang sebenarnya bisa kita lakukan dan itulah manfaat sering berkomentar di blog lain. dari artikelnya kita bisa dapat ilmu, dari komentarnya kita bisa dapat kawan...iya gak dev...

    oh ya maaf ya dev baru bisa berkunjung. kemarin yang update artikel di bengkel blogger kawan saya. saya pas kena tugas luar kota...untung aja gak keluar angkasa....takut nantinya gak bisa mengambil manfaat sering berkomentar di blog lain...heheeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mbah, karena saya juga bukan orang yang terlalu serius menanggapi sesuatu hal saat bertamu diblog lain, tetapi setidaknya apa yang saya baca di blog itu adalah ilmu yang sangat mahal, bahkan jika kita memberikan komentar 100 kali belum cukup untuk membayarnya.

      sekalipun artikel itu sudah lebih dahulu saya kuasai, tetapi saya ingin berbagi, berdiskusi dan mengajak sipembuat artikel untuk bertukar informasi lewat berkomentar.

      Hapus
    2. Oh iya sama-sama minta maaf mbah, Devy juga jarang berkunjung keblog mbah dinan, bukan karena MALAS atau lupa, tetapi terkadang blog mbah dinan tidak bisa diakses, beberapa kali saya buka, tertulis Alamat URL tidak ditemukan, tetapi terkadang juga bisa diakses, apa sebenarnya ada jam-jam khusus kah mbah, hehe..!!

      Hapus
    3. ciri khas paka mah adalah komentar yang mendalam, dengan begitu blognya pak mbah dinan langsung melejit ngetop gegara pengunjungnya banyak, saya yang blog baru ini kadang ingin mencontek cara dan gaya pak mbah berkomentar, tetapi sayangnya saya ini rada bloon, jadinya ngga bisa kak....maafkan saya yah.

      Hapus
    4. itulah dev...kemaren nyoba ssl gratis tetapi sama juga nyoba kekacauan gratis...makanya gak nyambung. akhirnya saya kembalikan lagi ke setting awal. semoga aja masih bisa bersilaturrahmi dengan kawan2.

      Hapus
    5. Lagian si mbah teh maunya yang gratis-gratis sih, hehe..
      dicoba kali ini mbah, Devy mau datang kerumah, hmmm..sediain jus alpokat ya mbah, hehe...1gelas saja kok.

      Hapus
  11. kalau menurut saya sih mbak devy, komentar juga merupakan silaturahmi lebih kepada ingin menjalin persahabatan antara blogger lain, nah yang saya tanyakan,,,, apa dampak dari komentar spam tersebut mbak devy? maaf saya newbie hehehhe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika spam itu sama dengan sampah, namanya juga sampah, tentu membuat blog kesayangan pak Catur jadi bau karena sampahnya bejibun....hlaaa..sesama nubi kok saya sok tahu yah...maaf ya pak

      Hapus
    2. ya pak gak apa-apa mas, iya juga sih

      Hapus
    3. Kala seandainya saya ingin bersilahtuhrahmi kerumah mas Catur dengan membawa 10 orang teman yang tujuannya hanya numpang makan dan minum, kira-kira Anda suka tidak bila setiap hari seperti itu?.

      Nah sama seperti komentar Spam, mungkin buat kita hal ini tidak masalah, atau justru sangat suka karena banyak orang yang datang untuk berkomentar, tetapi jika mereka yang berkomentar hanya sengaja untuk kepentingan sepihak (mencari backlink) maka google akan menganggap situs Anda sebagai situs terlarang.

      Hapus
    4. kadang banyak juga yang tidak mengerti backlink dalam komentar...walau komentar menggunakan comment luv tetap aja ada etika, yaitu harus nyambung dengan apa yang ditulis. kalau gak ya tetap aja dikategorikan sebagai komentar tidak penting alias spam.

      Hapus
  12. Dalam padangan saya sih berkomentar di blog orang dengan konten atau isi komentar yang sesuai dengan tema atau Artikel penulisnya adalah hal yang sangat disukai tuan rumah. Sebagai bentuk penghargaan atas jerih payah yag sudah capei menulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju pak Asep, sebenarnya bukan harus panjang dan bertele-tele dalam berkomentar, ya setidaknya ada sedikit kalimat yang dapat menimbulkan suasana untuk bercerita dalam komentar tersebut.

      Hapus
    2. sebenarnya komentar yang bagus menurut saya adalah dengan membuka bahasan baru setelah apa yang di bahas, baik itu berupa pertanyaan, tambahan, output, dan lain sebagainya. iya gak min...eh admin?

      Hapus
    3. setuju sekli mbah, biasanya yang banyak sahabat lain lakukan setelah meninggalkan komentar ya sudah pergi, dan tidak mau datang lagi, padahal semakin banyak kita menanam link di blog orang lain, maka semakin bagus posisi blog dalam serp.

      Hapus
  13. kalo komentar orangnya simple dan gak nyambung sama sekali sih males juga yah buat kunjungan balik.saya juga ngerasain gtu, tapi apalah, kita juga btuh backlink.mau komentar orang nyambung atau kagak juga tetep aja kita kunjung balik.saling menguntungkan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. menguntungkan kalau kita mengunjungi balik, maksudnya apa yang kita komentari tidak akan memberikan manfaat sama sekali buat blog kita, bukan buat blog yang kita komentari.

      karena spammer comment resikonya adalah buat sipemberi komentar, bukan blog yang menerima komentar. hal kecil yang tanpa kita sadari adalah duplikat komentar, ucapan terimakasih pada blog 1 dan diulang lagi pada blog yang lain, komentar seperti itu adalah spam oleh google. hati-hati tendangan pinalti google.

      Hapus
    2. oh gtu ya mba, waduh takut jga yah ditendang sama mbah google..

      Hapus
  14. saya benar2 mendapatkan banyak manfaat untuk blog saya, baik traffic, perampingan alexa rank, mendapatkan teman, mencari inspirasi dan tentunya memperluas jaringan

    BalasHapus
  15. memang blogwalking senjata ampuh eksistensi didunia blogger... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan rajin berkomentar akan memperkenalkan blog kepada orang banyak, jika berkomentar di 60 blog setiap hari, berarti 60 orang akan mengenal blog kita, walau diantaranya tidak melakukan kunjungan balik.

      Hapus
  16. Setuju sama kamu....
    Dan yg pasti nambah banyak teman dan pengetahuan..

    BalasHapus
  17. nah benar mbak,terkadang jika mendapat komentar yang sekedar numpang lewat yang ada malah males mengunjungi atau berkomentar di blog tersebut.salah satu komentar yang baik adalah berkomentar sesai topik dan jika ada yang kurang setuju atau mau menambahkan juga akan lebih bermanfaat bagi yang membuat artikel :)

    BalasHapus
  18. ternyata komentar-komentar yang singkat itu masuk spam tho mb?? sy pemula mb,, maaf baru tau, pantes koment2 sy jarang yg diterbitkan mungkin krn dianggap spam oleh pemilik blognya ya mb,,

    BalasHapus
  19. ampuh banget blogwalking, atau berkomentar di blog lain. Selain dapat traffic, kita juga bisa belajar banyak hal.....komentar spam biasanya untuk yang suka ngejunk aja....untungnya kebiasaan itu sudah saya buang jauh2

    BalasHapus
    Balasan
    1. akan lebih indah kalau kolom komentar yang disediakan admin kita jadikan sebagai wahana diskusi, saling berbagi, karena tidak sedikit juga blog atau site yang tidak menampilkan kolom komentar.

      Hapus
  20. Blogwalking itu baik utk meningkatkan traffic, tapi kalau trafficnya makin tinggi. Spammernya juga makin tinggi.

    BalasHapus
  21. Nambah teman dan menjadi blogger yang tidak sombong.... Haha :))

    Btw, kunjungan pertama di blog ini....
    Semoga tambah maju :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dibilang sombong sih bukan mas, mungkin ada kesibukan lain diluar sana sehingga mereka yang kita harapkan berkomentar di blog kita tidak kunjung memberi saran dan kata-kata,

      ya tujuannya adalah bersilahtuhrahmi, berkunjung dan berkomentar terlebih dahulu dan jangan mengharpkan balasan apa yang sudah kita berikan

      Hapus
  22. terima kasih atas bantuan informasi seperti di atas.. kayaknya kita juga haru sering kunjung mengunjungi antara satu sama lain juga dan gobrol... kalau di Malaysia sudah ada blogger yang kayaknya gemar gobrol seperti chatting room... lalu memperbanyak jumlah komentar nya...

    senang sekali singgah ke mari... Salam dari Malaysia

    BalasHapus
  23. halo mbk:>), yang saya suka dari blog ini adalah ilmu2nya yang .........., saya belum sampai nangkapnya, pokoknya keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..kayaknya ada soal yang sulit untuk dijawab neh, titik-titik mau di isi apa ya, hehe..!!

      lambat laun pasti akan paham mas, yang penting berani mencoba, kalaupun gagal, mari kita bahas disini, karena saya hanya menyampaikan atas apa yang saya pelajari dalam materi kuliah.

      Hapus
  24. Gue juga sering dapet komentar yang sekadar komen. Mungkin biar dikunjungin balik. Tapi paling nggak suka sama yang ninggalin link. Kalo blog-nya bagus. Buat apa sampe promosi begitu? Promosi kan ada tempatnya. :)
    Salam kenal. Baru pertama kali main.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga, besok main lagi ya, biar dua kali, hehe..!!

      Hapus
  25. Aku kalau baca blog orang gatel emang mau komentar ahhaa, atau nanya sama penulis kalau enggak paham, apalagi berkomentar juga bikin pertemanan, ya gak Dev? temenan yuk. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama seperti saya mbak, biasanya apapun tema yang admin tuliskan dalam artikel, baik itu sudah terlebih dahulu saya pahami, tetapi saya tetap menghargai karyanya dengan memberikan sebaris 2barik kalimat dalam komentar.

      kalau gak memberi semangat, paling banya kritikan atau membenarkan caranya agar lebih mudah, tujuannya dengan berkomentar seperti itu, siadmin akan dengan senang hati mau bersahabat dengan kita.

      Jauh lebih baik hanya dengan ucapan "nice info gan.!" atau kunbalnya ya gan,

      Hapus
  26. kalo saya selain untuk traffic juga untuk bahan pembelajaran bagaimana cara orang lain mengelola blog nya

    BalasHapus
  27. wah ternyata banyak manfaatnya juga :D

    BalasHapus
  28. terimakasih ya mba informasi nya,saya merasa mendapat banyak pengetahuan tentang blog setelah membaca artikel yang 1 ini,ya mungkin untuk kedepannya saya akan berkomentar yang bersifat membangun dan tidak main main

    BalasHapus
  29. kata sebagian blogger, blogwalking ga bagus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sudah kalau begitu tugas Anda cukup menulis saja artikel di site Anda sendiri, tidak perlu blogwalking, karena tidak ada yang menyuruh dan memberikan hal ini sebagai syarat ngeblog.

      pilihan..

      Hapus
  30. maka komentari dulu artikel yang terkait lalu blogwalking :-) kalau memang terpaksa minta kunjungan balik...

    BalasHapus
  31. kalo saya selain untuk traffic juga untuk bahan pembelajaran bagaimana cara orang lain mengelola blog nya

    BalasHapus
  32. Itu bener semua! Apalagi yang nulis yang relevan. Jangan banyak menyingkat. Kalimat gaul boleh, pokoknya yang sekiranya bisa memancing orang biasa cari. :D
    Ada cara lain untuk meningkatkan trrafik. Biasanya utak atik SEO. Tapi biasanya mereka yang mati-matian ngoprek SEO tanpa peduliin konten adalah orang yang niatnya komersil alias jualan. Aku sih.., tetep setia dengan branding. Bener-bener ngandelin trafik dari konten dan jumlah pengunjung yang nyata. Nggak salah kan? Hihihi...

    Salam kenal yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. inilah sesuatu hal yang bermanfaat saat blogwalking dan berkomentar, apalagi tentang masalah SEO, kalau ada tutorial tentang SEO, langsung terapkan, tidak usah dipelajari atau dioprak-aprik, cukup saring mana yang menurut kita logika untuk dikerjakan.

      karena saya sendiri tidak terlalu memikirkan hal SEO, cukup memeriksa keseluruhan kesehatan situs, kalau ada masalah langsung perbaiki, karena saya sering mengubah artikel lama ketataan yang baru, agar artikel tersebut naik atau menyumbang trafik

      salah satu tahap SEO bukan.

      Hapus
  33. biasanya kalo aku suka sama topik artikelnya, komentarnya bisa panjang lebar, malah kadang-kadang sampe curhat hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. terus kalau gak suka dengan topik artikelnya, sudah pasti hanya lewat doang dong..?!
      hehe..!!

      Hapus
  34. wah rupanya banyak kata-kata yang harus dihindari ya mba. saya rupanya kurang mengerti hal-hal seperti itu. terima kasih banyak mba atas infonya :)

    BalasHapus

  • Design
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • JQuery
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • CSS
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • HTML
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • JavaScript
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK