Tehnik Mengelola Situs Dengan 3 Pedoman - Beberapa hal yang perlu kita ikuti dan tindakan yang harus kita hindari saat mengelola situs blog agar selalu tampil profesional dan relevan berdasarkan peraturan dan tata cara Google Webmaster adalah dengan 3 pedoman, apa saja tehnik-tehnik itu.? mari sama-sama kita cari tahu tehnik seperti apa yang boleh kita terapkan dan tindakan seperti apa yang harus kita hindari dengan 3 poin penting, diantaranya:

1. Pedoman desain dan konten
2. Pedoman teknis
3. Pedoman kualitas



3 Pedoman Tehnik


Mungkin dari beberapa rincian poin-poin diatas, ada beberapa diantaranya sudah Anda terapkan, Anda abaikan, bahkan secara tidak sadar situs Anda melanggar ketentuan satu atau beberapa pedoman diatas. Jadi, sebelum ada kata "TERLAMBAT" sanyangi situs Anda seperti layaknya rumah kedua buat Anda.

Dengan mengikuti serta menerapkan pedoman diatas, Anda akan membantu Google menemukan, mengindeks, dan memberi nilai kepada situs Anda. Meskipun Anda memilih untuk tidak menerapkan saran apa pun yang termuat dalam pedoman itu, namun sebaiknya Anda benar-benar perhatikan bahwa beberapa situs yang diantaranya melakukan tehnik yang melanggar hukum berdasarkan pedoman Google Webmaster, akan mengakibatkan situs akan TERHAPUS dari indeks Google secara keseluruhan, dan situs tersebut tidak akan muncul lagi dalam hasil penelusuran google atau situs mitra Google.


Saat dimana situs Anda sudah siap untuk ditampilkan:
  • Kirimkan ke Google di http://www.google.com/submityourcontent/.
  • Kirimkan Peta situs secara berkala menggunakan Alat Webmaster Google, karena Google menggunakan Peta Situs Anda untuk mempelajari struktur situs dan meningkatkan cakupan laman web Anda, sehingga memungkinkan untuk cepat terdeteksi.


1. Pedoman desain dan konten
  • Buat situs dengan pembahasan informasi yang jelas, serta tautan teks yang saling berhubungan dan mudah dijangkau (link bersambung) setidaknya dari satu tautan teks statis.
  • Dalam situs sudah pasti ada beberapa bagian penting, tawarkan bagian terpenting di situs Anda ke pengguna/pengunjung dengan tautan internal. Dan Jika situs memiliki jumlah tautan yang sangat besar, sebaiknya Anda membagi peta situs tersebut menjadi beberapa laman seperti ini:
    sitemap.xml
    atom.xml
    feeds/posts/default
    dan masih banyak lagi.
  • Pastikan tautan dalam laman (internal link) yang Anda sisipkan selalu dalam jumlah yang masuk akal.
  • Buat situs yang berguna dan kaya informasi, serta tulis laman yang menggambarkan konten Anda dengan jelas dan tepat, jadi pertimbangkan untuk membuat konten pendek dan singkat.
    Selengkapnya baca - Jumlah Kata Yang Ideal Untuk Membuat Artikel.
  • Pikirkan kata-kata yang akan diketik pengguna untuk mencari laman Anda, dan pastikan bahwa situs Anda memuat kata-kata itu, dan saat itu terjadi, mereka (pengguna) akan menemukan halaman Anda pada urutan pertama google pencarian. Dalam hal ini adalah lebih kepada Bagaimana Menentukan Judul Artikel Yang Benar?.
  • Cobalah gunakan teks, bukan gambar, untuk menampilkan nama, membuat konten artikel, atau tautan penting lainnya. Perayap Google (googlebot) tidak mengenali teks yang ada dalam gambar, namun jika Anda harus menyisipkan gambar untuk membuat konten yang tekstual, pertimbangkan untuk menggunakan atribut ALT untuk menyertakan beberapa kata teks deskriptif pada gambar tersebut.
  • Pastikan bahwa elemen <title> dan atribut ALT bersifat deskriptif, akurat dan relevan.
  • Periksa tautan (link) yang putus dan perbaiki HTML.
  • Jika Anda memutuskan untuk menggunakan laman dinamis (misalnya, membuat URL yang memuat karakter "?", "!" dan "|" ), ingatlah bahwa tidak semua spider mesin telusur dapat merayapi laman dinamis seperti halnya laman statis. jadi karakter tersebut akan hilang atau tidak akan ditampilkan dalam bentuk URL, hal ini untuk membantu agar parameter dalam link tetap singkat dan jumlahnya tidak banyak.


2. Pedoman teknis
  • Pedoman ini merupakan bagaimana cara Anda menempatkan file kode dalam Template, saat dimana Anda melakukan modifikasi tampilan. Jadi, untuk membantu Google sepenuhnya dapat memahami konteks pada situs Anda, izinkan semua aset file dalam situs Anda agar dapat dirayapi, seperti file CSS dan JavaScript.
  • Izinkan Googlebot penelusuran merayapi situs Anda tanpa ID sesi.
  • Pastikan server web Anda mendukung header HTTP If-Modified-Since (http) dan (https). Ini karena Anda masuk menggunakan Google-akun, sehingga memungkinkan server web Anda dapat memberi tahu Google saat konten berubah atau Anda melakukan perbaikan setelah konten tersebut sudah dirayapi sebelumnya.
  • Jika situs Anda saat ini banyak terdapat iklan, pastikan hal itu tidak mempengaruhi peringkat situs Anda dalam SERP. Misalnya, tautan DoubleClick dan iklan AdSense Google agar diblokir untuk tidak dirayapi dengan file robots.txt.
  • Uji situs Anda untuk memastikan dapat ditampilkan dengan benar di browser lain, jika saat ini terlihat benar pada Chrome-browser, belum tentu baik pada browser moz-Mozilla. Kunjungi link ini Cara Mengatur Halaman Blog Agar Responsive untuk membantu tampilan situs Anda dapat tertata rapi pada peramban lain.
  • Pantau dan perhatikan kinerja situs Anda. Butuh berapa lama waktu yang dibutuhkan pengguna/pengunjung untuk membuka situs Anda, situs yang lelet (Loading Lambat) akan membuat pengunjung kabur dari situs Anda, dan situs cepat terbuka (Fast Loading)  akan memberikan kepuasan pengunjung dan akan meningkatkan keseluruhan kualitas web (khususnya untuk pengguna dengan sambungan internet yang lambat).
    Lakukan dengan Cara Memperkecil Ukuran File CSS sebagai tahap awal mempercepat loading blog.


3. Pedoman kualitas
Tehnik-tehnik kegiatan dalam pedoman kualitas ini mencakup bentuk perilaku yang manipulatif, atau suatu tindakan yang menyesatkan demi untuk mempertahankan sebuah prinsip dasar dengan alibi akan memberikan manfaat buat pembaca, yang sebenarnya hanya untuk satu tujuan individu agar situs tersebut mendapat peringkat yang lebih baik, sehingga mencari celah yang bisa dimanfaatkan.

Setidaknya pertimbangkan untuk melakukan tehnik tersebut, ingatlah..!! Google mengindeks, merayapi dan memberi nilai untuk sebuah situs dengan mesin deteksi (bot, spider, crawl). Namun Google juga melakukan tindakan manual untuk memeriksa situs yang berisi SPAM, jadi apa yang perlu dilakukan dan apa yang harus dihindari:

3.1 Prinsip dasar
Hal terpenting adalah apakah Anda merasa nyaman menjelaskan apa yang sudah Anda tuliskan pada postingan, dan jika seandainya ada yang bertanya, "Apakah Anda akan melakukan hal ini jika tidak ada mesin telusur?". Jadi :
  1. Buat laman yang utamanya untuk pengguna, dan jangan pernah pikirkan laman yang Anda buat hanya untuk ditampilkan pada mesin telusur.
  2. Jangan menipu pengunjung, lihat Tips Menulis Artikel Blog Berkualitas SEO | Postingan
  3. Pikirkan hal apa yang akan Anda tuliskan hari ini, jangan terlalu serius tetapi buatlah unik, berharga dan menarik.


3.2 Pedoman spesifik
Hindari teknik berikut:
  • Konten yang dibuat secara otomatis
  • Berpartisipasi dalam skema tautan (tukaran link)
  • Posting yang berisi sedikit informasi atau tanpa konten asli
  • Pengalihan tersembunyi
  • Teks atau tautan tersembunyi
  • Konten salinan (Artikel COPAS "Copy Paste")
  • Memuat laman dengan kata kunci yang tidak relevan
  • Membuat laman dengan perilaku berbahaya, seperti pemasangan virus
  • Menyalahgunakan markup cuplikan kaya
  • Mengirim kueri otomatis ke Google


Kita tidak pernah tahu konten yang kita buat dan tuliskan termasuk jenis Spam atau tidak jika kita tidak memantaunya, akan tetapi sudah pasti kita akan tahu jenis spam yang sumbernya dari pengunjung. Beberapa Tips Mencegah Komentar Spam Masuk Ke Situs bisa Anda jadikan pedoman untuk mencegah dan membuang spam yang dibuat oleh pengunjung di situs Anda. Jika setelah ini Anda merasa situs Anda melanggar satu atau beberapa pedoman tehnik diatas, Google dapat melakukan tindakan manual terhadap situs, seperti menon-aktifkan beberapa laman untuk sementara hingga penghapusan situs secara permanen dari indeks Google (Hasil Penelusuran). Jadi pertimbangkan akan mengikuti pedoman yang ada atau menunggu hal buruk menimpa situs Anda, pilihannya ada ditangan Anda guys..!! Terimakasih.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA

Judul= Tehnik Mengelola Situs Dengan 3 Pedoman
Ditulis oleh= Devy Indriyani
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip (meng-Copy), baik itu sebagian atau keseluruhan isi dari artikel ini harap menyertakan link dofollow ke >>
= TERIMA KASIH =

39 komentar

  1. Komentar spam kebanyakan yang dikeluhkan publisher nēsan (sapaan kk perempuan dalam bahasa jepang)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan tindakan itulah yang saat ini saya alami dalam situs, ada 265 jenis spam yang sumbernya dari pengunjung, yang akhirnya untuk sementara blog ini saya MODERASI kolom komentar. sembari melakukan pembersihan dan pemusnahan komentar spam.

      Hapus
    2. Heu_heu happy deleted :D and success for that it.

      Hapus
    3. mba devi 265 spam itu apa aja mba.

      Hapus
    4. Dalam situs ini, saya menggunakan ID sesi, yang saya aktifkan dengan dofollow link, tujuannya agar posting dalam Google+ tampil selalu dalam urutan top 10. ternyata banyak disalah gunakan oleh pengunjung dengan link yang sudah diparse, dan disebarkan dalam bentuk teks komentar.

      Hapus
  2. Sebagai newbie saya masih kurang ngerti, pokonya baca terus postingan ini sampai ngerti hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau hanya membaca sih menurut saya paham mas, tetapi jika tidak melakukan apa yang menjadi ketentuan, ya sampai kapanpun gak bakalan ngerti.

      Hapus
    2. pokonya langganan aja dulu baca satu satu.

      Hapus
  3. Itu toh rahasia nya mbak devy...

    BalasHapus
  4. blog sy mash jauh dri ketentuan diatas .... hehehe
    pling hny sdkit sja sih ... :)

    BalasHapus
  5. Wiiihhh keren mba artikelnya, tapi saya agak belum paham sih soal pedoman teknisnya... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pedoman teknis itu lebih kepada cara dimana kita membuat tamopilan blog menarik buat pengguna, seperti modifikasi letak kode CSS, HTML dan js, serta menguji bagaimana blog ditampilkan jika dibuka pada browser lain.

      teknis merupakan cara untuk kita berusaha sebisa mungkin memenangkan persaingan dan daya tarik pengunjung, agar mau bertamu ke blog kita.,jadi apa saja yang harus kita lakukan..?

      Hapus
  6. .Dari tahun 2012 ngeBlog, saya kok baru liat yang 'Submit your content' itu ya mbak. :-?
    .3 Pedoman dengan tulisan yang lengkap dan jelas ini membantu saya untuk lebih mengerti kedepannya untuk mengatur kemajuan blog, lagi-lagi makasih mbak. :))

    .Oia mbak devy oo mbak devy, hover yang di blog saya sudah hilang, hehe. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika baru tahu cara submit artikel ke Google dengan link tersebut, terus selama ini mas Dandy submit ke link mana attuh, atau emang belum pernah kirim.

      hover slide layer yang di blog mas sudah hilang maksudnya, kalau gitu langsung berkunjung deh kesana.

      Hapus
    2. .Cuma di webmaster tool itu mbak dev. :-?
      .Jadi bingung sendiri nih mbak. (m)

      .iya mbak hehe. :D

      Hapus
    3. Google mempunyai cara tersendiri dalam meng-indeks laman dari sebuah blog, dan hasilnya ada yang hanya 10 menit sudah terindeks dan bahkan ada yang sampai berminggu-mingu belum ke-indeks.

      jadi kalau tidak kita kirim ya dilupain deh sama si Google.
      setiap kali membuat artikel atau melakukan perubahan pada artikel, maka saat itu pula beritahu ke Google akan hal itu dengan kirimkan untuk di indeks.

      Hapus
    4. .Kalau menggunakan webmaster tools seperti yang saya lakukan itu bisa kan mbak?
      .Kalau menurut mbak devy sendiri, bagusan yang mana untuk submit artikel yang kita buat?

      Hapus
    5. yang terpenting pecah dahulu sitemap kedalam beberapa file, agar indeks dapat dilakukan secara otomatis, dan selalu terupdate, kemudian selalu submit URL artikel baru dan URL-blog, sebagai pemberitahuan kalau blog mengalami perubahan dengan bertambahnya jumlah postingan.

      kalau mas lakukan secara continue, dipastikan cukup 10menit, artikel akan cepat terindeks, dan paling lama 1 jam.

      Hapus
    6. .Hmm, okedeh mbak dev, siap ! :)
      .Sudah saya lakukan kok apa yang mbak devy sarankan. :)
      .Thankyou mbak. :)

      Hapus
  7. sebuh tutorial penerapan optimasi dalam blog yang lengkap....saya gak banyak ngomong masalah ini, tapi saya pelajari dulu ya sista....kayaknya banyak yang musti diperhatikan setelah membaca tulisan ini. terima kasih atas pencerahannya.

    oh ya...maaf baru bisa berkunjung....kemarin kena tugas ke luar kota dan lumayan melelahkan. jadi banyak belum disambangi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih kembali mbah, ngeblog kan hanya melepas kepenatan selepas kerja, mengisi waktu luang, jadi jika ada hal diluar yang lebih penting, tidak masalah dan tidak akan terjadi apa-apa jika blog kita tinggalkan, sama kok seperti Devy, jarang juga main ke blog mbah dinan.

      Hapus
    2. Brarti bawa oleh - oelh ya mbah

      Hapus
  8. waah..artikelnya menjanjikan, secara saya masih nubie gini, tp nerapin langkah2 diatas musti butuh waktu belajar lama :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya menulis postingan ini gak janjian sama siapa-siapa kok mbak, SUER..!! karena saya juga sama seperti mbak YULI, masih belajar dan newbie dalam hal blogging-tutorial dan sejenisnya.

      Hapus
    2. Mbak Devi ini bisa aja ngeboongnya.. "newbie" dari mananya ya? Hehe

      Hapus
    3. kan cuma ikut-ikutan mas, soalnya kata mbak yuli beliau newbie, ya saya sambut juga dengan kata newbie, begitu loh mas, hehe..!!

      Hapus
  9. mantab nih, detail n runut penjelasannya sgt membantu. saya keep buat belajar lbh dalem lagi.. da saya mah sgt ketinggalan jauuuh pengetahuan yg beginian. terimakasih (k) mb Devi, btw boleh nanya oot ? pengin bikin emoticon spt py mba ... ada tutorialnya? aturnuhun geulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya sih sudah banyak para webmaster yang membahas hal emotion-comment seperti itu, coba googling saja disana, karena sudah banyak yang membahas hal yang sama, jadi Devy belum pernah bahas tentang emotion-comment.

      kalaupun mbak ingin memasang, mungkin akan mengalami gagal, karena Template yang mbak pakai masih versi-3.2 HTML, belum mendukung canvas, karena dalam HTML template yang mbak gunakan saat ini belum terpasang js-jQuery standart.

      banyak Template yang bisa kita download secara gratis, dan sudah ada emotion-comment didalamnya.

      Hapus
    2. terimakasih penjelasannya mb devy ... mantab dah. kalo mb py rekomen dg :) saya terima. yuuuk jalan2 dulu lihat2 template.

      Hapus
  10. Ya saya setuju, ketiganya memang harus di galakkan untuk membangun sebuah blog, lebih khusus lagi pada point 3, pedoman kualitas. Ini paling penting menurut saya, sangat berpengaruh di Searh Engine, bahkan untuk daftar Google Adsense. Bukan begitu neng ?

    BalasHapus
  11. Maksih artikelnya gan sangat bermanfaat dan berguna bagi saya..

    Salam Kenal dan salam blogwalking

    BalasHapus
  12. lengkap sekali nih mbk, semoga kedepannya saya bisa membuat artikel yang bagus dan berkualitas.

    BalasHapus
  13. Yang paling bahaya menurut saya itu "teknik gelap" hehe. Pantesan ya mbak Devi sekarang moderasi komentar. Dulu saya lihat banyak yang naroh live link mbak disini. Paling parah dulu ada 53x toy juga. Dua ratus banyak juga ya?. Hmm

    BalasHapus
  14. Banyak belajar dari artikel ini nih....

    BalasHapus
  15. sip dahh..numpang nyimak mbak...

    BalasHapus
  16. Pedomannya lumayan panjang ya mbak, coba di pahami aja deh..

    BalasHapus
  17. aih yang submit your konten ini saya baru nemu mbak terimakasih ya saya mau pelajari dulu

    BalasHapus
  18. pedoman kualitasnya cukup banyak ya sist.
    ini pedomannya beda ya...saya banyak nemuin yang hanya membahas soal SEO aja, atau nggak yang cuma bahas soal kecepatan dan cara agar bisa valid html

    BalasHapus
  19. hemmmmhhhh, cuma 3 pedoman seeeeh,
    tp klw bt sy yg br terjun blogging, bisa 3 minggu neh [-(

    BalasHapus

  • Design
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • JQuery
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • CSS
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • HTML
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • JavaScript
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK