Tips Mencegah Komentar Spam Masuk Ke Situs - Tidak ada yang bisa melarang seorang pembaca untuk masuk ke situs Anda dan menyisipkan komentar spam dalam bentuk teks, bahkan sekalipun Anda sudah menuliskan informasi singkat sebagai pemberitahuan kepada mereka (pengunjung blog) dengan Cara Membuat Pengaturan Pesan Untuk Berkomentar, tetapi pesan Anda tidak akan di hiraukan mereka, dan tetap saja mengotori situs Anda dengan tindakan jahat dengan sengaja Spammer. Jika hal semacam ini Anda biarkan, atau tidak berusaha untuk mencegah tindakan seperti itu, maka reputasi blog yang sudah Anda kelola sebaik mungkin akan cepat hancur hanya karena sebaris teks yang dituliskan pengunjung dalam bentuk komentar spam.

Comment spam



Komentar adalah cara yang terbaik bagi sesama blogger untuk membangun komunitas dan meningkatkan jumlah pembaca/pengunjung (trafik blog). Hanya masih banyak diantara mereka yang seringkali menyalahgunakan cara seperti ini dengan sengaja memberi komentar dalam bentuk Iklan Promosi, padahal Manfaat Sering Berkomentar Di Blog Lain itu akan sangat membantu untuk saling mengenal dan memberitahukan kepada orang banyak tentang situs Anda. Nah..!!! Jika Anda pernah menerima komentar (comment text) yang terlihat seperti iklan promosi atau tautan acak ke situs yang tidak memiliki hubungan, berarti Anda sedang menghadapi spam ulasan (sekalipun itu tidak berupa link AKTIF). Karena percuma jika Anda membalas komentar mereka dengan teks pemberitahuan untuk memperingati, atau menghapus komentar itu, dan yang pasti hal semacam itu akan masuk kembali diwaktu lain dan didalam artikel Anda yang lain.

Ada sebuah istilah "Semakin besar dan tinggi sebuah pohon, maka semakin besar pula hembusan angin untuk meniup pohon itu agar tumbang" sama seperti situs blog, karena tindakan seperti ini sudah menyerang dan meresahkan situs blog SAHABAT BLOGGER 77, biarkanlah hal ini terjadi di situs ini aja, jadi saya akan berikan beberapa ide dan tips untuk mengurangi atau mencegah komentar spam masuk ke situs web Anda dengan 6 tindakan :

1. Menggunakan alat anti-spam
1.1 CAPTCHA

Ini merupakan sistem audio atau alat pengembang situs web untuk mendeteksi profil pengunjung yang akan menuliskan komentar ke blog Anda. Umumnya kita sebagai sipemberi komentar akan disajikan dengan gambar yang terdistorsi, dimana dalam gambar tersebut ada sebuah perintah untuk mengetikkan huruf atau angka, inilah yang disebut dengan CAPTCHA, atau sebuah alat yang bekerja secara otomatis untuk membedakan antara komputer dan manusia. Layanan reCAPTCHA gratis milik Google sangat mudah diterapkan pada situs Anda, karena data yang dikumpulkan dari layanan tersebut akan digunakan untuk meningkatkan proses pemindaian teks sebelum akhirnya komentar pengunjung akan diterbitkan.

Cara ini cukup efektif untuk mencegah spam masuk ke situs Anda yang sengaja dibuat pengunjung. Proses ini juga dapat mengurangi jumlah pembaca iseng yang meninggalkan komentar di laman Anda dengan membuat profil pengguna palsu. Dan yang pasti cara ini akan mencegah mereka yang sengaja Mencari Backlink Melalui Kolom Komentar.


1.2 Aktifkan JavaScript Anti LINK AKTIF
Sebuah teks tautan yang di buat menjadi hyperlink, maka akan dituliskan dalam bahasa tag HTML seperti ini:

<a href="http://sahabatblogger77.blogspot.com/">LINK</a>

Jika situs Anda belum mengkonfirmasi atau tidak mengaktifkan perintah javascript untuk menolak tautan, maka saat pengunjung menuliskan teks komentar dengan bentuk bahasa tag seperti diatas, maka LINK AKTIF akan tertulis disana.
Caranya baca - Menghapus Link Dengan Mengaktifkan Deteksi Komentar Spam


2. Moderasi Komentar
Moderasi komentar merupakan penundaan komentar yang masuk, artinya tidak ada komentar yang akan muncul di situs Anda sampai Anda meninjau dan menyetujuinya secara manual. Tindakan seperti ini akan memberikan waktu yang banyak buat Anda untuk menyeleksi teks komentar mana yang nantinya akan Anda terbitkan, namun gunakan cara ini secara bijak, karena hal ini akan membuat pembaca merasa tidak dipercaya oleh Anda.


INFO :
Sebelum terkena masalah ini, blog ini menggunakan sistem auto approve on comment, tetapi untuk sementara blog SB-77 Design akan mengaktifkan moderasi Komentar, jadi saya selaku admin meminta maaf yang sebesar-besarnya atas ketidak nyamanan Anda berkomentar di blog ini. Masih dalam tahap pembersihan komentar dan link spam, jadi saya mohon maaf jika komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Terimakasih..!!


3. Aktifkan Link Dengan Atribut "nofollow"
Ini adalah tag mikro format dari Google, yang artinya : "Jenis tautan apapun yang menggunakan atribut rel="nofollow" tidak akan menghambat sebuah situs untuk menghitung PageRank atau menentukan keterkaitan laman Anda dengan kueri pengguna". Sebagai contoh misalnya, jika seorang spammer menuliskan sebuah teks dengan tautan seperti ini:

<a href="http://www.URL.com">Teks Komentar</a>

maka secara otomatis tautan itu akan langsung dikonversi menjadi:

<a href="http://www.URL.com" rel="nofollow">Teks Komentar</a>


Artinya, tautan atau link dengan pemberian atribut seperti itu tidak akan mempengaruhi situs Anda saat google melakukan penghitungan PageRank. Akan tetapi tautan/link seperti itu tidak akan mencegah spam, hanya membantu menghindarkan situs Anda dari masalah saat melewati PageRank, karena link tidak dikaitkan.
Selengkapnya baca - Sedikit Pembahasan Tentang Atribut Nofollow


4. Blok Beberapa Laman Dengan Robots.txt Atau Tag META
Dengan file robot.txt Anda dapat memblokir akses Google ke beberapa laman disitus Anda. INGAT..!! gunakan file ini secara hati-hati, karena salah memberi batas akan berakibat situs blog Anda diabaikan oleh Google-crawl.

Spam bukan bersumber dari komentar pengunjung saja, tetapi beberapa widget yang menampilkan tautan link didalamnya juga sumber spam, seperti buku tamu, recent comment, about profil komunitas dan masih banyak lagi. Arsipkan beberapa widget yang menurut Anda bisa mendatangkan tindakan spam, dengan begitu widget akan tetap aman dipasang karena hal ini akan menghalangi Google mengindeks laman Anda yang berada dalam berkas robot.txt


Pikir dua kali jika Anda ingin mengaktifkan bukutamu.
Banyak spam yang pasti tidak memberikan kesan baik tentang situs Anda. Jika fitur seperti widget buka tamu tidak menambahkan banyak nilai pada pengguna atau widget yang bisa bermanfaat buat pengunjung situs Anda, bahkan Anda tidak punya banyak waktu untuk memonitor dan mengelola bukutamu itu secara teratur, pertimbangkan untuk mematikan fitur buku tamu seperti itu, atau jangan pernah terapkan disitus Anda. Sebagian besar perangkat lunak blogging, seperti Blogger khususnya, akan mengharapkan Anda untuk tidak menggunakan fitur tersebut jika untuk penempatan unsur individual.


5. Menghapus Profile Yang Mengandung Spam
Biasanya hal ini bisa kita temukan saat mengKLIK sebuah tautan, namun tautan tersebut tidak tersedia. Dalam hal ini adalah profil palsu yang tertanam pada sebuah komentar yang tertaut kedalam domain yang sama, saat Anda menemukan satu saja profil yang berisi spam, segera HAPUS untuk selamanya (terlebih dalam komentar bertingkat).


6. Periksa Situs Anda Dari Laman Yang Mungkin Berisi Spam
Tindakan ini adalah salah satu cara untuk memantau situs Anda saat akan menerbitkan konten baru yang menarik, singkatnya membuat sebuah lansiran konten dengan sebuah alat Google Alerts. Mungkin Anda tidak akan pernah menyadari, saat menulis sebuah artikel bisa saja disana tertulis beberap teks yang mengarah pada konten khusus dewasa, namun semua teks yang tertulis akan terdeteksi sebagai kata kunci saat Google melakukan perayapan ke situs Anda. Dengan alat ini, Anda bisa menolak untuk tidak muncul di situs Anda.
Google Alerts juga dapat membantu mendeteksi laman yang diretas, jadi ini adalah sebuah tips yang bagus untuk memeriksa penggunaan kata kunci dari kosa kata volatil yang tidak diinginkan secara berkala.


Mungkin informasi tips seperti ini tidak sepenuhnya saya pahami, karena secara individu lebih ke web-design. Namun hal ini saya alami dan hampir membuat situs ini hancur hanya karena komentar spam. Jadi sebelum hal yang sama terjadi di situs blog Anda, saya memberikan 6 Tips Mencegah Komentar Spam Masuk Ke Situs, dan berharap semoga mereka yang suka spam cepat sadar dan taubat, hehe..!! semoga bermanfaat dan akhir kata saya ucapkan terimakasih.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA

Judul= Tips Mencegah Komentar Spam Masuk Ke Situs
Ditulis oleh= Devy Indriyani
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip (meng-Copy), baik itu sebagian atau keseluruhan isi dari artikel ini harap menyertakan link dofollow ke >>
= TERIMA KASIH =

42 komentar

  1. Kalau buat di taruk di Htmlnya codenya seperti apa mbak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya kode yang mana ditaruh pada HTML mbak.?

      Hapus
    2. Kode script buat memblokir link aktif yang masuk ke kolom komentar mbk, pa di kasih moderasi komentar sja ya mbak...

      Hapus
    3. Masuk kedahsboard, KLIK edit Template, lalu cari kode </body> gunakan CTR+F untuk memudahkan pencarian kode, setelah ketemu letakkan sript ini diatas kode itu:

      <script type='text/javascript'>
      //<![CDATA[
      function blockLinks(parentID, children) {
      var parent = document.getElementById(parentID),
      content = parent.getElementsByTagName(children);
      for (var i = 0; i < content.length; i++) {
      if (content[i].innerHTML.indexOf('</a>') !== -1) {
      content[i].innerHTML = "<b><mark>LINK AKTIF</mark></b> akan <b>TERHAPUS</b> otomatis, silahkan berkomentar ulang Terima Kasih!";
      content[i].className = "spammer-detected";
      }
      }
      }
      blockLinks('comment-holder', 'p');
      //]]>
      </script>


      Kalau moderasi komentar mungkin lebih efektif, hanya resikonya akan banyak pengunjung yang enggan meninggalkan komentar, karena setelah mereka berkomentar, komentar itu tidk dimunculkan secra langsung dalam blog.

      Hapus
  2. tips nya lengkap sekali .... pgi2 sudah diberi wejangan yang menarik dri devy ....hehe

    tpi sy termasuka spammer gak yah ... ? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas fiu atau komentar mas fiu neh yang dimaksud spammer..? hehe..

      Hapus
    2. sepertinya dianggap spammer smua kn baik org nya atau komentarnya ? hehehe

      Hapus
    3. kalau spam mungkin sudah lama komentar mas Fiu saya hapus, hehe..!!

      Hapus
    4. assiiiik .... ternyta bukan termasuk toh ,,,hehehe x-)

      Hapus
  3. mengaktifkan javascript anti link aktif sangat bermanfaat sekali untuk saya, mengingat setelah cukup lama tidak update, baru cek di broken link ternyata banyak sekali link mati dan rusak, mungkin dihapus atau yang bersangkutan sudah berhenti ngeblog

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau masalah link mati atau rusak itu lebih kepada URL profil si pemberi koemntar, jika atribut "nofollow" sudah terpasang secara otomatis, koemntar itu tidak termasuk spam. yang terjadi itu link aktif dalm bentuk teks tautan yang disipkan secara langsung dalam komentar. sedangkan kalau profil link lebih kepada url palsu.

      Hapus
  4. pas banget sama kejadian kemarin, hampir seratusan komentar spam menyambangi blog Saya. Saya juga lagi mikir cara yang paling jitu mencegah komentar spam... Saya pikir mungkin yang paling efektif dengan moderasi komentar, tapi takut lupa menyetujui komentar yang bukan spam, hmm........

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika blog sudah berpangerank atau traffik yang tinggi, akan jauh lebih baik mengubah komentar tersebut dengan form facebook form.

      Hapus
  5. Sementara blog saya masih aman dari yg kaya begituan....nanti klo udah mulai gak aman baru saya coba tipsnya mbak

    BalasHapus
  6. kya apa sih mba contoh spam nih? ;((

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang masuk dalam kategory spam kan banyak mas, komentar spam, link spam, konten spam, yang mana satu neh yang mas tanyakan tentang jenis spam.?

      Hapus
    2. maksudnya Mngs adull.. wajah cantik jgn disembunyiinn. mubasir katanya..

      Hapus
  7. ternyata banyak cara untuk mencegah komentar spam masuk.Terimakasih mbak infonya bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat banyak mbak, masih ada beberapa lagi diantaranya, tetapi saya hanya memberikan 6 tips yang akurat untuk mencegah komentar spam masuk kedalam situs blog

      Hapus
    2. mba Defa..! yg ke 7 inih..

      Hapus
  8. saya makain intensedebate jadi otomatis karena ada askimetnya mbak, sebenarnya saya sudah posting autoapprove kok komentar sahabat selalu masuk moderasi ya

    BalasHapus
  9. sepakat kak, karena spammer blog saya sampe brceceran kemana-mana, untung segera terdeteksi hingga dapat dengan segera di perbaiki, poin diatas sangat penting dilakukan, cuman kalau saya makenya di ceking di brokenlink...gimana tuh kak? sama ngga sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali mang lembu, karena ada beberapa diantara mereka yang sengaja menyisipkan hal itu, tujuannya sih bukan untuk merusak, sekedar promosi atau apalah itu namanya, dan menitipkan itu di situs kita, yang sebenarnya hal ini sangat tidak disukai google karena banyak spam di situs.

      kalau brokenlink-check hanya sebagai tool untuk mendeteksi link rusak, yang harus kita lakukan secara manual secara berkala, tatkala kita bisa saja lupa untuk mengecek link tersebut, yang terpenting adalah content spam dan profile palsu.

      Spam ibarat parasit, yang akan mengusai situs yang terkena, kalau tidak kita cegah, hal ini akan berdampak buruk buat sipemilik situs. kalau content spam dan link rusak masih bisa kita deteksi dengan tool tersebut, namun kalau profile palsu sangat tidak mungkin buat kita mengetahuinya, jadi hati-hati terhadap tindakan yang satu ini

      Hapus
    2. spammer datang...heiheiheiii...
      kebetulan kak Lembu singgung soal brokenlink..

      begini Vy..
      kemarin coba hapus dua koment yg menyebabkan brokenlink.. yang satunya sukses dihilangkan.. tp yg satunya tidak bisa, padahal orangnya sama..

      ternyata si empunya ID blogya sdh tidak ada.. cara menghilangkan ID yg berkomentar di post ituh bagaimana Vy?.. karna inih yg buat rusaklink..
      seperti nama yg berkomentar kayak sy inih...

      dipemberitahuan ..tertulis menyinggung masalah php begitu.. maksudnya apa ituh..

      Hapus
    3. Untuk menghilangkan ID sipemberi komentar, termasuk semua URL-aktif yang bersangkutan adalah dengan mengganti semua bagan body pada form komentar, jika saya jelaskan disini mungkin komentar pada artikel ini akan sangat panjang oleh kita berdua.

      fokus pada JS untuk komentar, lalu lihat pada HTML untuk menampilkan data profil sipemberi komentar, semuanya tertata dalam frame-comment mas Al.

      Hapus
    4. yaa.. ditunggu sj kelanjutan ttng pembahsana inih sj..

      Hapus
    5. hehe..Ok dech kalau begitu mas, bukannya Devy tidak mau memberitahu caranya, karena ada beberapa file js yang harus kita ubah, dan bentuk HTML profile kita hilangkan, yang jika kita bahas disini, bisa membuat mang Lembu tambah bingung lagi apa yang kita bicarakan, bukan begitu mas Al, hehe..!! maaf ya mas

      Hapus
    6. Kayaknya kalau untuk broken link ada tools dari google deh untuk men-check broken link. Google Webmaster > Go to Crawl > Crawl error. Kalau saya tidak salah ya. hehehe... :d

      Hapus
  10. ya ampun... membaca tulisan anda bikin saya semakin merasa tidak ada apa-apanya didunia blogger... saya akan banyak tanya nih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan suka membeda-bedakan begitu mas, emang saya ada apanya, kita semua sama kok.
      kalau mas masih dalam tahap belajar dalam dunia blogger, dan saya juga masih belum mengerti apa-apa tentang blogging, jadi sama saja kan. hehe..!!

      Hapus
    2. sekalian mas Abdurrohim Rosyidah..tanya ke admin..

      foto profilnya digantiilah.. mubasir ituh wajah cantik, ayu, disembunyiin.. sebagian org diluar sana pengen jg punya wajah cantik..tp nda dikasih.. sy saja minta siang malam tp nda dikasih2 juga... :-) cucok..kata Mbah..

      Hapus

    3. Komentar Anda akan terlihat setelah disetujui.

      Hapus
    4. pasti mas Abdurrohim Rosyidah blom sampaiin ya koment sy barusan..
      sudh nda asik nih mas Abdurrohim Rosyidah..

      Hapus
    5. yaa ampyuun..!
      si cantik clara blom nongol... lagi ngapain beb.. sdh mandi ya..pantas sj wanginya sampai disini..

      Hapus
    6. Dibawah content box permanent link info kan ada fotonya mas, jadi sudah cukup kali ah..hehe..!!

      oh iya masalah komentar moderasi, untuk sementara komentar dalam blog ini akan saya tinjau dahulu sebelum diterbitkan mas, jadi saya selaku Admin mohon maaf jika membuat mas Al terganggu dalam hal ini, masih dalam tahap pembersihan kaum-kaum yang suka spam, kalau sudah clear dan bersih, Auto Approve comment akan saya berlakukan lagi dalam situs ini.

      Hapus
    7. klo itu yg terbaik ... sy setuju dan dukung devy ...hehehehe :)

      Hapus
  11. wah mantap nih artikelnya :) bermanfaat gan :)

    BalasHapus
  12. Waaa i i ahli informatika cewe tah,mhebattt

    BalasHapus
  13. waahhh...bermanfaat sekali mba...aku harus cobain nih salah satu tipsnya...makasih share-nya :)

    BalasHapus
  14. Tipsnya oke juga nih....saya harus mencobanya.....soalnya sekrang banyak yang masuk komen spam

    BalasHapus
  15. Sejauh ini saya masih merasa form komentar dengan Javascript sebagai solusi yg user-friendly untuk pengembang dan pengunjung dalam menangkal spam. Tapi ya resikonya kalau javascript dinonaktifkan ya hancur berantakan, hehehe.

    Solusi lain yang terpikirkan seperti membuat daftar hitam alamat-alamat email yang sekiranya sering nge-spam. Tapi ya butuh usaha juga sih.

    BalasHapus

  • Design
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • JQuery
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • CSS
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • HTML
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • JavaScript
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK