Atribut nofollow images

Nofollow merupakan cara terbaik dalam memberi tahu mesin telusur untuk "Jangan mengikuti tautan di laman ini" atau "Jangan mengikuti tautan khusus berikut ini"
Pada awalnya, atribut nofollow muncul di tag meta tingkat laman yang memerintahkan mesin telusur agar tidak mengikuti (merayapi) tiap tautan yang keluar pada laman tersebut. Misalnya:
<meta name="robots" content="nofollow" />
Sebelum nofollow digunakan pada tautan tunggal, atribut nofollow dapat juga digunakan untuk mencegah robot agar tidak mengikuti tautan tunggal pada sebuah laman yang memerlukan upaya keras (misalnya- mengalihkan tautan ke URL yang diblokir dalam robots.txt), Itulah sebabnya mengapa nilai atribut nofollow dari atribut rel dibuat dalam meta laman. Jadi intinya penggunaan atribut nofollow sebenarnya hanya untuk memberitahu webmaster dalam mengontrol sebuah laman yang lebih terperinci, melainkan bukannya memberi tahu mesin telusur dan bot agar tidak mengikuti tautan apa pun pada laman tersebut, namun penggunaan atribut nofollow dapat memudahkan Anda dalam memerintahkan robot agar tidak merayapi tautan tertentu pada laman, Misalnya:
<a href="signin.php" rel="nofollow">masuk</a>

Cara Google menangani tautan dengan Atribut rel="nofollow"

Secara umum, google tidak mengikuti tautan tersebut yang berarti Google tidak memindahkan PageRank atau teks tautan pada laman tersebut, akan tetapi menggunakan nofollow membuat Google membuang tautan target dari grafik web google database secara keseluruhan. Tapi, mungkin laman target masih muncul di indeks google jika situs lain ditautkan ke laman tersebut tanpa menggunakan nofollow, atau dengan mengirimkan URL ke Google menggunakan Peta Situs.

Kebijakan khusus Google tentang penggunaan nofollow

Berikut adalah beberapa kasus yang mungkin membuat Anda mempertimbangkan untuk menggunakan nofollow:

1. Konten yang tidak dapat dipercaya
Jika Anda tidak yakin atau tidak ingin menjamin konten laman yang Anda tautkan dari situs, misalnya komentar pengguna atau entri buku tamu yang tidak dapat dipercaya — Anda dapat menerapkan nofollow pada tautan tersebut. Hal ini dapat menghindari pelaku spam sehingga tidak menargetkan situs Anda serta dapat membantu menjaga situs Anda agar tidak masuk ke lingkungan yang buruk di web database google. Karena unsur spam banyak bersumber dari komentar pengguna, jadi agar situs Anda terbebas dari pelaku spam komentar, gunakan atribut nofollow pada konten komentar situs Anda.








2. Tautan berbayar
Nilai sebagian peringkat situs di hasil penelusuran Google yaitu berdasarkan analisis terhadap situs lain yang menautkan ke situs tersebut (seperti membeli LINK), Untuk mencegah tautan berbayar yang mempengaruhi hasil penelusuran dan berpengaruh negatif pada pengguna, google sangat menyarankan agar menggunakan nofollow pada tautan seperti itu. Pedoman mesin telusur mewajibkan pengungkapan tautan berbayar yang terbaca mesin dengan cara yang sama seperti saat pelanggan online dan offline (misalnya - iklan, atau suatu halaman penuh agar diberi judul dengan kata "Iklan"). Google akan sangat tegas dalam menanggapi hal semacam ini jika terdapat pada situs, jadi gunakan selalu atribut rel='nofollow' pada iklan Anda jika tidak ingin "Penalti" dari Google

3. Prioritas perayapan
Robot mesin telusur tidak dapat masuk atau mendaftar sebagai anggota forum Anda, sehingga tidak ada alasan untuk mengundang Googlebot agar mengikuti tautan "daftar di sini" atau "masuk". Dengan menggunakan nofollow pada tautan ini memungkinkan Googlebot akan merayapi laman lain yang ingin Anda lihat di indeks Google. Namun, arsitektur informasi yang solid — navigasi intuitif, URL yang ramah untuk pengguna dan mesin telusur, dan sebagainya— tampaknya akan jauh lebih produktif dalam penggunaan sumber daya dibandingkan dengan fokus pada prioritas perayapan melalui tautan yang tidak diikuti.
Jadi penting untuk memutuskan laman mana yang akan Anda pasang atribut nofollow pada situs Anda.

Keterkaitan nofollow dengan API Grafik Sosial (rel="nofollow me")

Jika Anda menghosting profil pengguna yang menautkan profil lain di web, sebaiknya tandai tautan tersebut dengan mikroformat rel="me" sehingga tautan dapat tersedia melalui API Grafik Sosial. Misalnya:
<a href="http://URL-Anda.blogspot.com" rel="me">Blog saya</a>
Ini sama saja dengan internal link pada sebuah laman. Namun, karena tautan tersebut adalah buatan pengguna yang kadang-kadang dapat mengarah ke laman yang tidak dapat dipercaya (jika link di-klik tidak sesuai mengarah pada laman yang ditampilkan), sebaiknya tautan seperti ini ditandai dengan nofollow.
Contoh -
<a href="http://URL-Anda.blogspot.com" rel="me nofollow">Blog saya</a>
Untuk tujuan penelusuran dengan rel="me nofollow", Google akan terus menangani dan melihat pada atribut rel="nofollow". Namun, untuk API Grafik Sosial, google akan menghitung tautan rel="me" meskipun saat dilengkapi dengan nofollow. Meskipun Anda dapat memverifikasi kepemilikan tautan menggunakan teknologi identitas seperti OpenID atau OAuth, Anda dapat memilih untuk menghapus tautan nofollow .
Untuk mencegah perayapan URL rel="me nofollow", Anda dapat menggunakan robots.txt. Aturan pengecualian robots.txt standar dipatuhi oleh Googlebot dan API Grafik Sosial.

Semoga Artikel ini sedikit dapat membantu Anda dalam penggunaan atribut nofollow, sehingga kekhawatiran Anda akan spam laman, spam komentar dan spam link dapat anda siasati dengan atribut ini.
Terimakasih. Salam SAHABAT BLOGGER 77

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA

Judul= Sedikit Pembahasan Tentang Atribut Nofollow
Ditulis oleh= Devy Indriyani
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip (meng-Copy), baik itu sebagian atau keseluruhan isi dari artikel ini harap menyertakan link dofollow ke >>
= TERIMA KASIH =

15 komentar

  1. memang ya sist atribut nofollow ini berguna sekali bagi blog ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat-sangat berguna sist, terutama pada sumber backlink yang bersumber dari link komentar, maka pada selector kode comment link kita kudu gunakan atribut ini

      Hapus
  2. Atribut nofollow sangat menentukan pada sebuah web site blog
    dan peranya sangat penting, pada zaman sekarang, apalagi bagi
    Blogspot yah Mbak Dey, makasih atas info nya :)

    BalasHapus
  3. Oh ada yang kurang teks comments diatas Maksudnya Mbak Devy, bukan Mbak Dey..
    Maaf tak di sengaja, Pembahasan atribut nofollow alangkah bagus nya agar bisa
    Memenuhi standar SEO Internasional di kasih Alt, juga title pada atributnya :-d

    BalasHapus
    Balasan
    1. kang saud apa kabar hehe sampai salah menyebutkan nama ya kang .. ^_^

      Hapus
  4. berarti lebih menguntungkan blog yang no follow daripada yang do follow ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung segi popularitas mungkin mas, kalau ingin mendapat cepat banyak komentar maka ubah blog menjadi do, namun google kurang menyukai blog yang dofollow, karena link terlalu bayak keluar mengikuti tautan link pada komentar, tetapi traffik lebih cepat yang blog do daripada nofollow

      Hapus
  5. terima kasih informasinya, sangat menarik dan bermanfaat :)

    BalasHapus
  6. pake artibut kyk gni ada bahayanya buat blog g mbak ??cz denger" kudu hati" kalo pake atribut rel="nofollow" , mohon penjelasannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti penjelasan diatas mas, nofollow berarti jangan mengikuti. dengan kata lain atribut nofollow memerintahkan bot google agar jangan mengikuti (index) tautan atau halaman tertentu yang kita pasang atribut nofollow, jika kita salah membuat atau menempatkan atribut ini, maka salah-salah halam web diabaikan oleh bot google

      Hapus
  7. Tergantung apa yang dicari aja ya gan..
    Kalau ingin bersih dari komentar spam ya gunain nofollow..

    Terimakasih informasinya mbak..

    BalasHapus
  8. pembahasan yang mendetail,emang kalau kita inginkan blog yang ramah terhadap mesin telusur,penggunaan rel=nofollow sangat berguna.thanks share nya mbak :))
    salam kenal

    BalasHapus
  9. Kalau begitu no follow keren juga ya?. Hm saya baru ngerti saat baca komentar. ;-( tetap belajaar.

    BalasHapus
  10. ada yang aneh sista...saya kan ketik kata kunci "robot txt sahabat blogger 77" yang keindeks masalah seo yang lainnya dan yang naik malah konten aku yang baru...kan aku udah kasih link dofollow...kok jadi terbalik ya dari logika dasar kita kemarin...kita anggap kamu tidak menulis artikel menganai robot txt tapi konten seo yang lain kamu bisa naik, karena aku nulis dengan kta kunci pendek mengenai "seo"...tapi kan seharusnya yang naik ingin tahu banyak tentang optimasi seo?...menurut kamu gimana dev?

    BalasHapus

  • Design
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • JQuery
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • CSS
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • HTML
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • JavaScript
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK