Jumlah Kata Yang Ideal Untuk Membuat Artikel - Mengoptimalkan suatu blog agar selalu dalam lingkaran SEO indeks sangat banyak yang harus kita perhatikan dan kita lakukan, dan salah satu faktor yang sangat mendukung yaitu melakukan analisis berapa jumlah kata untuk membuat 1 artikel/postingan agar postingan tersebut ideal dengan nice judul artikel blog Anda.

Banyak blogger, khususnya yang baru, mungkin bertanya tentang "Di mana harus berhenti saat membuat artikel ?" Pada dasarnya tidak ada batasan yang jelas untuk menentukan berapa panjang  sebuah artikel blog seharusnya. Anda mungkin dapat menulis  dalam 250 kata, atau bisa saja Anda membutuhkan lebih dari 2000 kata untuk membuat artikel yang sama. Jadi berapa jumlah kata yang seharusnya untuk membuat artikel blog? Menurut pendapat saya, ini merupakan masalah praktek akan mengikuti atau tidak mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Jadi mari kita bahas berapa jumlah kata yang seharusnya untuk membuat artikel agar postingan tersebut terlihat ideal.

1. Tujuan Artikel
Sewaktu menulis artikel blog, ada beberapa hal yang harus di pertimbangkan. Seperti, niche atau tema judul artikel. Saya tidak mengatakan Anda harus berhenti jika jumlah kata sudah mencapai 500, tapi saya akan katakan sesuaikan jumlah panjang kata pada artikel blog Anda dari niche. Karena secara umum, website yang bertujuan untuk menginformasikan memiliki panjang posting rata-rata lebih rendah dari website yang bertujuan untuk berinteraksi dengan orang. Jadi nice apa yang sedang anda bicarakan, maka Anda akan tahu akan berhenti dimana. Website teknis dan review harus lebih rinci, karena pembaca sedang mencari detail dari suatu produk yang Anda tuliskan pada sebuah artikel. Itu sebabnya pada tahapan ini kita perlu menyusun tataan alur cerita tulisan dengan Membuat Konsep Artikel Blog Optimasi SEO

2. Stabil Dan Konsisten
Satu hal yang lebih penting. Saat menulis artikel, tentukan kisaran jumlah kata yang akan Anda gunakan, dan cobalah untuk tetap berada pada kisaran tersebut. Begitu Anda memutuskan kisaran yang cocok, lakukan itu. Misalnya, jika Anda sudah terbiasa menulis dengan jumlah kata minimal 500, maka gunakan jumlah kata tersebut pada artikel berikutnya. Dengan begitu, blog akan terlihat konsisten. Ini tidak berarti harus membatasi anda dalam menggunakan jumlah kata. Gunakanlah jumlah tersebut, dan lakukan analisis untuk nice atau tema apapun.
Jangan pikirkan dengan pengunjung akan bosan membaca, tetapi lebih merangkum akan begitu banyak tafsiran kata kunci yang akan Anda peroleh dengan konten artikel yang panjang.

3. Kualitas Konten
Konten yang berkualitas akan selalu diindeks oleh google update, lalu konten yang seperti apa yang dikatakan berkualitas?, perlu diketahui google berhak memberikan penalti terhadap sebuah konten artikel, dengan ketentuan seperti itu, crawler dan spider dapat dianggap sebagai mesin pembaca, sehingga saat mereka meng-indeks sebuah tulisan yang singkat, dering alarm mulai berbunyi sebagai pertanda telah terdeteksi sebuah konten dengan unsur SPAM. Posting pendek/singkat biasanya dilihat sebagai spam oleh mesin pencari, karena artikel yang pendek biasanya akan menyisipkan link kesitus mereka dengan sengaja hanya untuk meningkatkan backlink. Siapa tahu di masa mendatang google akan menghapus posting spam? karena itu, Suatu blog perlu memiliki jumlah kata-kata yang layak, sehingga dapat terhindar dari update Google di masa yang datang.

Seperti layaknya Anda yang tidak menyukai COPAS (Copy Paste), begitupun google yang sangat tidak menyukai konten spam. jadi, saatnya sekarang berbicara tentang kualitas konten, sebagai awal lakukan pada saat pembuatan judul dengan mengikuti beberapa pedoman pada artikel saya sebelumnya tentang 6 Hal Cara Pembuatan Judul Yang Deskriptif.

4. Penataan Paragraf
Ada beberapa tips singkat dari saya sebagai pedoman dalam kode menulis yang benar dalam sebuah artikel blog khususnya
  • Perhatikan Tag Heading yang Anda gunakan saat menulis, gunakan hanya H1 per halaman, sebagai alternatif gunakan seperti multi-level heading dan sub-heading pada konten artikel Anda, hal ini akan membuat konten Artikel Anda terlihat menarik, dan yang terpenting mesin spider akan lebih mudah melihat dan membaca konten Anda yang tertata dan terarah.
  • Akan lebih menarik jika Anda selalu memisahkan konten dalam paragraf pendek, hal ini bertujuan buat merka yang membaca akan terhindar dari rasa bosan dengan artikel Anda yang panjang, karena banyak dari mereka yang membaca untuk mengekspresikan rantai pemikiran mereka dalam satu kalimat yang mengalir, tetapi itu hanya menghasilkan sedikit keinginan untuk membaca atau tidak sama sekali
  • Usahakan artikel sekitar 500-1000 kata, gunakan kata-kata yang mudah dipahami pembaca, kisaran ini tidak terlalu panjang dan tidak membosankan dan juga tidak terlalu pendek. Menurut pendapat saya, kisaran ini yang sangat sempurna dalam menentukan jumlah kata yang ideal dalam sebuah artikel

like article image

Sampai tahap ini, saya yakin Anda akan segera paham mengapa kita perlu melakukan analisis terhadap jumlah kata yang ideal dalam membuat sebuah artikel. Postingan yang cukup panjang akan lebih menguntungkan karena memiliki kepadatan kata kunci yang sempurna. Tulisan dalam artikel yang panjang sudah pasti akan memiliki kata kunci yang banyak, dan artikel tersebut sesuai format dan struktur yang tepat.


Novel dengan tebal 856 halaman sanggup Anda baca, ini hanya 3 kali scrool saja kok,,hehehe..!!
Saya harap Tulisan ini tidak membosankan buat Anda. Terimakasih dan sampai jumpa..!!

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA

Judul= Jumlah Kata Yang Ideal Untuk Membuat Artikel
Ditulis oleh= Devy Indriyani
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip (meng-Copy), baik itu sebagian atau keseluruhan isi dari artikel ini harap menyertakan link dofollow ke >>
= TERIMA KASIH =

17 komentar

  1. Postingannya mantab, blognya keren... Salam blogwalking dari Pulau Dollar

    BalasHapus
  2. mantap sekali articlenya..
    boleh dijadikan rujukan dan panduan...

    BalasHapus
  3. benr mba ... membuat artikel nggak harus terpaku dg jumlah maximum kata nya, harus menyesuaikan dng tema artikel dan yg terpenting bukan hasil copas , ... :)

    BalasHapus
  4. setuju saya sama mas fiu benar harus maksimal dan jangan copas artikel nya berbahaya sekali ^_^

    #Friska

    BalasHapus
  5. nice post....akan coba saya terapkan mbak

    BalasHapus
  6. Sangat bagus artikelnya...kita selalu pusing untuk cari judul yang sesuai...

    BalasHapus
  7. Banyak Banget Yang Belum Saya Mengerti Tentang Blog :(

    BalasHapus
  8. bermanfaat, saya kadang kebingungan mesti kata kata seperti apa yang akan saya gunakan dalam artikel artike saya mengenai badut :) makasihh

    BalasHapus
  9. nice and useful article thanks for sharing !!

    BalasHapus
  10. Terimakasih atas tipsnya gan,, ternyata lumayan berpengaruh juga kata dalam blog.. kalau kurang dari 300 kata bagaimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. semakin banyak kita membuat kata dalam menulis maka semakin banyak pula kata kunci yang terformat disana, idelanya adalah 500-700 kata, ini hanya sebuah pilihan akan mengikuti atau tidak peraturan yang ada, jika sudah terbiasa membuat artikel dengan 300 kata, lakukan itu secara continue, namun jauh lebih baik jika artikel yang panjang,

      Jangan pernah pikirkan kalau pengunjung akan bosan membaca artikel yang panjang, tetapi tujuan kita adalah merebut posisi terbaik dalam mesin telusur, dengan membuat artikel yang panjang, maka tulisan tersebut banyak mengandung kata kunci, sekalipun cerita yang kita tuliskan mungkin hampir sama dengan tutorial blog lain.

      Hapus
  11. Terimkasih gan atas informasinya.

    BalasHapus
  12. Thanks infonya, baru tau ternyata jumlah kata juga sangat berpengaruh

    BalasHapus
  13. Boleh minta alamat emailnya gak, pngen tanya2. Coz masih newbi. Bnyak yg belum dimengerti

    BalasHapus
  14. thx 8-) artikel nya bermanfaat :v

    BalasHapus
  15. terima kasih gan informasinya

    BalasHapus

  • Design
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • JQuery
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • CSS
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • HTML
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • JavaScript
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK