14.3.14
24
Cara Terbaik Mengoptimalkan SEO Pada Blog - Berlomba-lomba untuk mendapatkan posisi PERTAMA di SEARCH ENGINE GOOGLE adalah mutlak tujuan kita membuat sebisa mungkin artikel blog yang berkualitas untuk pengunjung, tetapi semua itu tidak ada hubungannya jika kita berbicara SEO, kenapa? Artikel yang berkualitas menurut Anda, tetapi belum tentu berkualitas juga buat pengunjung?
Sebagai contoh kecil katakanlah blog yang hanya menyajikan gambar-gambar HOT, apakah itu berkualitas.? sebagian orang mungkin ya, tetapi bagaimana bagi mereka yang tidak menyukai konten-konten seperti itu, mereka akan katakan itu TIDAK BERKUALITAS, tetapi seperti yang kita ketahui blog dengan konten seperti itu yang selalu cepat besar dan traffic yang luar biasa.

Saya tidak menganjurkan Anda untuk membuat blog dengan TEMA seperti itu, dengan nice yang jauh berbeda sekalipun bahkan bertolak belakang dengan hal diatas, blog kita juga bisa sukses dan merebut posisi pertama pada search engine. SEO tidak bisa lepas dari traffic dan traffic sumbernya dari pengunjung jadi, untuk dapat posisi pertama pada GOOGLE blog butuh traffic, yang berarti blog butuh pengunjung.
Cara Terbaik Mengoptimalkan SEO Pada Blog berarti hal yang pertama adalah traffic, tetapi jangan pikirkan trafficnya, tetapi usahakan blog anda ramai pengunjung, selain mendapat informasi yang bermanfaat dari artikel blog anda, sajikan beberapa widget menarik yang dapat mereka mainkan agar mereka betah bertamu di blog anda, seperti artikel sebelumnya saya Membuat Icon Tombol Warna Background yang dapat digonta-ganti oleh pengunjung, (bila pengunjung tidak suka dengan background blog anda yang gelap, mereka tinggal memilih warna yang telah tersedia) Menarik bukan.!! Jika Anda mau mencoba baca Cara Membuat Pengunjung Dapat Mengganti Background Blog Anda

optimation SEO image

Untuk artikel kali ini saya akan memberikan 7 tips Cara Terbaik Mengoptimalkan SEO Pada Blog, khusus buat semua sahabat pecinta SAHABAT BLOGGER 77, sebagai berikut :

Meningkatkan Ukuran Font Pada Frase Kata Kunci
Seperti Menebalkan warna teks, atau teks miring merupakan tindakan META TAG yang baik, akan tetapi meta tag seperti ini sudah diabaikan oleh google indeks. Jadi jika tekx tersebut menurut anda penting, ubah ukuran fontnya lebih besar, karena Search engine lebih menyukai dan memahami bahwa font yang lebih besar dari standar ukuran font pada halaman menunjukkan teks yang lebih penting (H1, H2 dan H3). Gunakan CSS atau tag font untuk merubahnya pada HTML dan Terapkan perubahan ukuran font untuk tag judul juga.

Mintalah Orang Lain Untuk Link Kehalaman Anda
Http://URL-Anda.blogspot.com, ditunggu kunjungannya ya gan,! kalimat ini yang sering termuat dalam sebuah komentar, Sebuah cara yang bagus untuk mendapatkan inbound link, terlebih pada situs dengan ALEXA Rank yang kecil, ( Blog dengan Alexa Rank dibawah 500ribuan sudah mencapai 400-700 pageview/hari), Tapi ingat bahwa CROSS-LINKING yang berlebihan dapat dilihat sebagai spam, jadi hati-hati tentang hubungan perdagangan atau membeli link di situs eksternal.

Jangan Menulis Kode Buruk Atau Salah Pada HTML
Jika Anda belum paham benar akan bahasa markup HTML Pelajari Disini, karena kebanyakan mesin pencari tidak sengaja mendiskriminasikan halaman yang buruk kode HTML-nya, terlebih jika SPIDER tidak dapat membaca halaman HTML Anda karena buruk, maka halaman anda tidak akan diindeks. Pastikan bahwa Anda memvalidasi HTML Anda, Baca Caranya DISINI dan up-date selalu kode HTML Anda, agar masalah apapun tidak mempengaruhi halaman yang dilihat oleh user-agent atau pembaca layar sederhana.

Jangan Gunakan Robots.txt Untuk Menghindari Indeks
Secara umum, menggunakan file robots.txt untuk menjaga area tertentu dari situs Anda atau off-batas untuk SPIDER INDEX bisa menjadi ide yang baik. Tetapi jika Anda melarang bagian signifikan dari situs Anda (lebih dari setengah), spider mesin pencari dapat menandai situs Anda sebagai " Situs Terlarang", karena jika situs Anda lebih jarang dijelajahi karena adanya batas, bisa jadi halaman yang lebih sedikit akan ditambahkan ke direktori dan diperbarui dalam peringkat TTN (Traffic Turun Naik)

Menempatkan Frase Kata Kunci Dibagian Atas HTML
Lebih dari sekedar paragraf pertama dalam postingan, Anda harus mencoba untuk memindahkan konten Anda ke bagian atas dokumen HTML, Dan itu termasuk frase kata kunci Anda. Namun jika anda kurang memahami penempatan Keyword yang benar pada HTML, lakukan cara menempatkan KATA KUNCI pada paragraf pertama halaman posting.

Hati-hati Menggunakan JavaScript
Selama script yang Anda gunakan adalah valid dan tidak merusak HTML, silahkan Anda gunakan, akan tetapi kebanyakan search engine akan mengabaikan script kode. Jadi jangan mengandalkan JavaScript untuk meningkatkan Traffic halaman Blog Anda - karena mesin pencari mengabaikan konten dalam JavaScript, sia-sia bukan..!?

Kelola Halaman Anda Agar Up-to-date
Mungkin Hal ini yang sering Anda sepelekan, blog yang sudah memiliki ratusan artikel, sudah pasti artikel lama anda lupakan, Halaman yang diperbarui secara teratur diberikan prioritas di atas halaman yang lebih tua dan diabaikan. Tapi Anda harus melakukan lebih dari sekedar memperbaiki kesalahan ketik bahasa atau membuat perubahan kecil misalnya, update yang luas lebih efektif daripada update minor.
90 hari waktu yang terus dilakukan oleh mesin pencari untuk indeks halaman, dan ke 91 adalah waktu indeks baru, sehingga artikel lama akan diabaikan, nah lakukan perubahan agar artikel tersebut dapat menyumbang traffic untuk blog Anda. (Namun jangan lupa untuk memanggil kembali robot google untuk indeks kembali artikel yang mengalami perubahan)

Salah satu contoh Anda bisa lihat Popular Post pada Blog ini, lihat artikel paling bawah PENGERTIAN DAN MANFAAT BLOG, artikel pertama saya, dan 2 hari yang lalu saya melakukan perubahan dengan mengganti/menyisipkan gambar, alhasil dapat traffic 685 dalam 2 hari, itu berarti artikel tersebut telah diabaikan tetapi diindeks kembali.

Semoga Tips ini dapat membantu Mengoptimalkan SEO Pada Blog sahabat semua. Terimakasih
Next SEO Tips -
Lakukan 7 hal diatas untuk optimasi blog anda, namun jangan lupa untuk Menghindari 8 hal Tentang Optimasi SEO

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA

Judul= Cara Terbaik Mengoptimalkan SEO Pada Blog
Ditulis oleh= Devy
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip (meng-Copy), baik itu sebagian atau keseluruhan isi dari artikel ini harap menyertakan link dofollow ke >>
= TERIMA KASIH =

24 komentar

  1. paling penting klo mau copas harus nyertain link sumber

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat setuju sob, hargai cipta orang lain, hanya saja artikel COPAS atau ORIGINAL bukan termasuk kategori SEO, karena sekalipun artikel tersebut hasil copas jika traffic SEO rendah sama aja kan

      Hapus
  2. Wah banyak banget sis

    sebenarnya trafic juga berpengaruh ya?

    kalau seo offpage juga berpengaruh tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena SEO tidak akan pernah habis jika dibahas sist, saya hanya rangkum yang terpenting saja,

      kalau off page SEO itu merupakan trik sist, tetapi ingat semua ada batasan

      Hapus
  3. Terima kasih pencerahannya, sy sering abaikan seo, setelah membuat artikel lgsung publikasikan

    BalasHapus
  4. waah, penjelasannya sangat membantu saya mbak. blogg saya makin hari makin down pengunjungnya, thanks tipsnya mbak devy :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. traffic memag sering terjadi hal seperti itu bang, jika kita telat saja per sekian detik, maka posisi kita di search engine akan kesambar sama situs lain yang lebih peke akan SEOnya, dan benar TERBUKTI.!! karena saya 2 minggu ini sering alami hal yang sama, sehingga berusaha meng-update peletakan javascript yang sekiranya dapat menyebabkan kualitas menurun

      Hapus
  5. mantab mbak tipsnya, yg robots txt itu memang gak perlu krn akan ada pembatas bagi bot google sehingga krg leluasa menjelajahi blog kita :)

    hrs segera diterapkan di blog saya nih agar bisa seo friendly, makasih telah berbagi :)

    BalasHapus
  6. betul sekali mbak indri, karena ingin optimal dengan maksud hati yang ada si robot jadi op..opan dech mau indext,(ogah ada batasnya) bukan begitu mbak..??hehehe

    arcive saya gunakan tag robot.txt, selebihnya tidak pernah digunakan,dan sekarang sudah saya pindahkan kepengaturan HTML, jadi tag robot.txt nihil penggunaan

    BalasHapus
  7. sementara hanya melakukan tips terakhir, semoga yang lain menyusul

    BalasHapus
  8. minta saran dong mbak untuk penggunaan robot txt yang benar seperti apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. penggunaan robot.txt ada 2 tag mas, tag khusus dan tag body khusus, pada setelan disana ada cara pengaktifan yang meliputi beberapa halaman pada blog kita, jika kita ingin halaman mana yang tidak perlu untuk di indes cukup centang pada pilihan halamannya, namun cara ini tidak dianjurkan karena seakan memberi batas google bot index halaman blog kita, jika salah-salah halaman akan diabaikan oleh index bot

      jika ingin menggunakannya, gunakan pada HTML template saja mas, maksudnya jika ada sebuah halaman pada blog mas yang cukup penting selalu gunakan tag strong atau em, tujuannya radius disekitar tag tersebut akan dianggap penting oleh bot google. misalnya pada paragraf pertama postingan itu cukup penting untuk menempatkan kata kunci dengan tag strong

      Hapus
  9. Saya pernah ngalamin gara-2 JavaScript blog ditangguhkan oleh google karena dianggap mengandung malware :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali mas,virus seperti ini yang dengan cepat merayapi kode-kode lain, jika kita tidak jeli menempatkannya, sudah pasti situs akan masuk golongan hitam oleh google

      Hapus
  10. ternyata banyak yg harus diperbaiki untuk mengoptimalkn seo blog saya, jauh dari mendekati dari cara2 diatas
    makasih tipsnya mba'

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika serius membangun blog,maka seriuslah optimalkan SEO, karena saat membuka google penelusuran sudah pasti kita akan mengunjungi situs yang posisi teratas, jarang sekali kita akan meng-klik NEXT untuk melihat halaman berikutnya, jadi bagaimana traffic akan meningkat sementara situs kita berada pada posisi bawah, nah SEO inilah akan bekerja untuk bersaing mendapatkan posisi itu

      Hapus
  11. jika kita tidak memahami sepenuhnya tentang penggunaan robot.txt ini, sangat beresiko untuk blog mas, apalagi seperti saya yang masih pemula,
    jadi saya tidak pernah menggunakan tag itu, cukup pada HTML saja yang di update jika ingin halaman yang tidak di inginkan untuk di index, resikonya lebih kecil

    BalasHapus
  12. informasi yang bagus mbak, terima kasih

    BalasHapus
  13. kemarin saya pasang robot txt malah blog nya error hehehe :D akhir nya saya lepas lagi robot txt nya :D memang agak susah ya kak untuk mempraktekkan seo pada blog ini :)

    BalasHapus
  14. keren juga tuh caranya, bisa meningkatkan jumlah kunjungan blog juga nih.

    Makasih neng imut, ^,^

    BalasHapus
  15. ini sih....artikel yang bener-bener mantap. Thanks mbak :D

    BalasHapus
  16. wah, makasih infonya, mba. aku jarang pake seo, tapi blog personal yang baru dikasih domain mau dibikin lebih seo friendly. makasih tipsnya ya

    BalasHapus
  17. wah jd nambah wawasan baru ...................................www.nathagrafindo.com

    BalasHapus

  • Design
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • JQuery
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • CSS
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • HTML
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • JavaScript
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK