Mengetahui Fungsi-Fungsi Tag Script/JavaScript, Serta Inilah Beberapa Macam Variasi Perintah Tag Script Pada Browser.

Cara Memasang Tag Script Dengan Benar Di Blog - Sebuah pertanyaan besar mungkin pernah terlintas dipikiran Anda saat akan menggunakan/menyisipkan beberapa fungsi perintah tag <script> atau <javascript> untuk membuat sebuah objek gerak/efek pada sebuah tutorial. Namun pada saat Anda akan menyimpannya pada salinan kode HTML Template, script tersebut tidak dapat tersimpan, letakkan kode JavaScript, lalu kita save Template dan KLIK tombol kembali, tetapi seperti ini yang terjadi:

Edit HTML image


Padahal kita sudah meletakkan kode script pada baris kolom Template tertentu, begitu juga dengan Saya pernah mengalami hal yang sama, namun dimana letak kesalahannya?. Saya telah memperhatikan bahwa pada tag script, memiliki banyak macam variasi yang tampaknya dapat bekerja pada semua lintas-browser, untuk itu kita perlu memahami apa yang penting dan apa yang tidak pada saat memasang tag script.
Berikut Cara Memasang Tag Script Di Template Blog Yang Benar dengan memperhatikan beberapa variasi tag script dibawah ini:


<Script>
  //isi elemen script
</Script>

<Script type="text/javascript">
  //isi elemen script
</Script>

<Script type="text/javascript" language="javascript">
  //isi elemen script
</Script>

<Script language="javascript">
  //isi elemen script
<Script>

<Script type="text/javascript">
  //<![CDATA[
    //isi elemen script
  //]]>
</Script>

Ini adalah beberapa variasi tag script sejauh yang saya mengerti. Jika ada beberapa kesalahan saya saat menguraikan tag script diatas, saya meminta agar sudi kiranya sahabat semua pecinta SAHABAT BLOGGER 77 membahasnya di kolom komentar.



<Script language="javascript">
  //isi elemen script
<Script>

Tag script dengan bahasa atribut, atribut yang saya maksud yaitu lang yang memiliki tujuan yang sama sekali berbeda (bahasa atribut ini merupakan perintah lama atau sudah usang) yang berfungsi untuk mengidentifikasi bahasa manusia bukan bahasa komputer. Sintaks yang menggunakan bahasa atribut adalah cara untuk memberitahu browser agar mengidentifikasi dan menjalankan script tersebut sebagai JavaScript supaya dapat bekerja, namun cara demikian adalah cara lama dan tidak standart.

Namun saat ini tag script sudah memiliki cara baru yang standart untuk melakukannya dengan perintah tag script seperti ini:

<Script type="text/javascript">
  //isi elemen script
</Script>

Tag Script yang sama, namun dengan penggunaan atribut yang berbeda yang sudah standart. Menggunakan jenis atribut pada tag pembuka seperti ini adalah cara standart dan benar untuk mengidentifikasi atau memberitahu browser agar membaca apa isi perintah di dalam tag tersebut, akan tetapi pada tag tersebut Anda melihat kode yang menggunakan dua bahasa. Sejauh yang saya tahu hal ini tidak pernah diperlukan (bisa diabaikan).

Seorang penulis tidak harus menentukan bahasa atribut pada elemen script. Karena jika atribut digunakan, nilainya harus menjadi ASCII case-insensitive yang cocok untuk string "JavaScript" atau "text/javascript". Detailnya penggunaan Atribut harus seluruhnya dihilangkan (bukan karena nilai pada "JavaScript"), karena baik buruknya penggunaan atribut, itu sama saja tidak memiliki efek apapun, contoh seperti ini:

<Script>
  //isi elemen script
</Script>

Tidak ada penggunaan atribut sama sekali. Ini merupakan cara HTML5 menangani tag script yang mengandung JavaScript, karena sudah pasti tag script seperti ini dapat terduga akan mengandung jenis bahasa text/javascript. Saya merekomendasikan hal ini jika Anda menggunakan HTML Versi-5.
Agar jelasnya baca - Pengertian HTML Template Berdasarkan Versi

Coba Anda perhatikan tag script berikut, sepintas tidak terlihat aneh, namun disana terdapat 2 buah bahasa dan karakter komentar:

<Script type="text/javascript">
  //<![CDATA[
    $ ("<Div/>").get=document("body");
      //isi element script
  //]]>
</Script>

Elemen seperti ini tepatnya baik digunakan jika Anda masih menggunakan XHTML, yang menyisipkan kode JavaScript dan HTML didalamnya, untuk itu Anda harus menggunakan jenis tag seperti ini dengan menyisipkan karakter komentar ( //<![CDATA[...//]]> ), tujuannya untuk men-validasi dokumen Anda pada tag tersebut. Karena jika tidak, hal inilah yang menjadi pertanyaan Anda, kenapa tag script tidak dapat tersimpan pada Template.
(Error: Jenis dokumen tidak mengizinkan elemen "div" di sini).



KESIMPULAN
  1. Jika Anda menggunakan HTML5, gunakan hanya tag <script>.
  2. Jika menggunakan yang lebih standart, gunakan
    <script type="text/javascript">.
  3. Jika tujuan Anda menulis script untuk berbagi dengan mereka (misalnya, silahkan Copy script berikut untuk digunakan disitus mereka), gunakan
    <script type="text/javascript"> dan CDATA.

Sekilas Tentang Penggunaan Kode JavaScript Untuk Membuat Efek:
Mengubah Variasi Tooltip Dengan Efek Transisi
Cara Membuat Widget Slideshow Efek 3D Gallery
Mengetahui Batas Akhir Gulungan Layar Dengan JavaScript
Semoga Bermanfaat. Terimakasih

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA

Judul= Cara Memasang Tag Script Dengan Benar Di Blog
Ditulis oleh= Devy Indriyani
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip (meng-Copy), baik itu sebagian atau keseluruhan isi dari artikel ini harap menyertakan link dofollow ke >>
= TERIMA KASIH =

14 komentar

  1. OOOOOOOOOOOO....!,..ya..ya..ya...ke kmr sbelh dulu..mw lit versi html.,mngkin ini penyebabnya..!
    mksi infonya mba,,..!,,.mw nanya..!
    misal..sy mw pasng widget recent post,,yg pake gambr,,knapa y mba,..ad scrip yg wlopun letak posisi gambar dimana sj bisa membaca gambar bgitupun jg sebLIKNYA.ad skrip recent post yg pake gambr tp hanya membaca gambrnya klw gambr trsbut di pasang center...itu pengaruhnya apa ya.? tanya budi..ap ada kode trtentu di html template kt yg ilang..atau ada kode trntu untuk ditambhkan..,..oiyya satu lagi mba yg..(..)!, nitip sendal dulu ya mw.. ke sawah..!, .sapatau stelh nyangkul bisa ngerti kode2an....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wadduh saya jadi bingung neh mas mau menjawabnya, masalahnya pertanyaannya kurang dimengerti gitu mas, kalau gak keberatan mohon gunakan bahasa baku saja biar kedepannya kita bisa saling berbagi, boleh kan mas.
      hehe..

      beneran saya kok jadi gak bisa cerna apa yang mas tanyakan, maaf

      Hapus
    2. :)) :))
      begini mba,,sebenarnya pass lagi pasang widget sahabatblogger77 (artikel terbaru dan tooltip), saya menemui kendala, tampilan gambar tidak muncul sama sekali dan efek tooltipnya tidak seperti di demonya,.komentar pertama di atas merupakan reaksi saya saat membaca judul dari postingan mba ini,karena sesuai dgn apa yg menjadi pertanyaan saya selama ini. Dan Untuk mencari solusinya, saya jg berupaya memahami judul sebelumnya dari sahabatblogger77.. .

      berikut pertanyaan org awam yg minim pengetahuan (saya)..yg bisanya cuma copy hasil jerih payah pikiran org..

      apa penyebab template..tidak membaca gambar atau kode script?..padahal postingan2 yg kita publish disertai gambar..

      artikel2 yg membagikan widget dan seterusnya.. yang berhubungan dengan kode2an.. tidak menyertakan informasi, bahwa kode/sckrip yg dibagikan hanya cocok buat versi HTML ini atau versi HTML itu,..kalaupun telah diujicoba disemua versi..lalu mengapa masih ada template yg belum cocok dgn widget yg dibagikan..kendalanya di mana?,,apakah karena ada kode yang hilang di dalam template blog ataukah template yg bersangkutan perlu penambahan kode tertentu :-? :-?.

      ciri apa yang menandakan template blog kita menggunakan versi sekian dan sekian
      semoga bisa dipahami.. :-d

      Hapus
    3. nah kalau begini kan jelas mas, hehe..

      sepengetahuan saya bukan tergantung pada template yang kita gunakan, tetapi kepada lintas browser yang kita pakai, bisa saja dichrome efek dapat bekerja,namun pada mozilla tidak merespon, itu sebabnya kita perlu menambahkan kode tertentu agar semua browser dapat merespon saat dibutuhkan, misalnya:
      [pre]//pengaturan pada chrome selalu sisipkan ini:
      -webkit- (bla...bla..bla..)

      //pada mozilla seperti ini:
      -moz- (bla...bla...bla..)

      dan masih banyak lagi seperti opera dan IE[/pre]

      kalau template tidak dapat membaca gambar pada postingan, sudah pasti ada beberapa script yang terhapus tidak disengaja, saya sudah pernah membongkar salinan kode pada HTML Template yang mas gunakan, ada sekitar 3-4 script yang tidak berfungsi, sehingga letak layout pada elemen <aside> tidak responsive, sebenarnya mudah, cukup tambahkan beberapa kode pengaturan saja, namun hal itu bukan sebuah pertanyaan saat ini

      Hapus
    4. sebagai tambahan, sebenarnya semua template itu pada dasarnya sama mas, henya kode-kode yang ada didalmnya yang berbeda, katakanlah default template blogger, belum memiliki script jQuery, jadi secanggih apapun efek yang kita sisipkan kedalamnya, tidak akan dapat merespon karena menggunakan perintah javasript.

      tetapi apakh template tersebut tidak bagus, bagus kok, hanya banyak hal yang hatrus kita tambahkan secara manual untuk memvalidasikan template tersebut ke versi yang lebih tinggi HTML-5

      contohnya-
      blog khusus pada tampilan demo blog ini, saya menggunakan default template blogger, namun saya validasikan ke versi yang berbeda dari sebelumnya, agar efek dapat bekerja saat membuat sebuah tutorial tentang efek CSS,script dan jQuery

      Hapus
    5. jadi penasaran..! "sebenarnya mudah, cukup tambahkan beberapa kode pengaturan saja, namun hal itu bukan sebuah pertanyaan saat ini"..

      so..?,..kode penambahannya apa Mba Devy Indriani yg Cantiiiiiiiiik..!, ;-(

      Hapus
    6. Maksi byk atas informasinya..!,,sudah trjawab semua apa yg selalu menjadi pertanyaan2 saya. sekali lgi maksi.., HTML 5 ya?.Sip..

      Hapus
    7. Jika berminat silahkan rujuk sumber berikut :

      Info Validasi HTML

      Hapus
  2. lengkap sekali nih penjelasan nya, jadi lebih tahu bagaiamana memasang tag script yang benar, terimakasih yia bos..

    BalasHapus
  3. Ikut belajar attr pada tag Script.
    <Script>, <Script type="text/javascript">, <Script type="text/javascript" language="javascript">
    <Script type="text/javascript">
    //<![CDATA[
    ...........................
    //]]>
    </Script>

    BalasHapus
  4. keren mbak, itu aja ya koment nya

    BalasHapus
  5. bagus tu, lanjutkan
    numpang ya. www.pusatbarang.com pusatnya barang murah

    BalasHapus

  • Design
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • JQuery
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • CSS
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • HTML
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • JavaScript
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK