9.2.14
12
Pengertian HTML Template Berdasarkan Versi
Pengertian HTML Template Berdasarkan Versi - Bagi seorang blogger pasti sering mendengar kata HTML, begitupun saya ngeblog berarti berhubungan dengan HTML Template, seperti artikel-artikel saya yang banyak menceritakan tentang perkodean HTML, tetapi tidak memberikan sedikit informasi tentang Pengertian HTML Template Berdasarkan Versi. Oleh karena itu dalam artikel ini saya akan menjelaskan sedikit apa itu HTML serta perkembangan Versi-versinya.

HTML singkatan dari HyperText Markup Language yang merupakan sebuah bahasa markup untuk digunakan membuat sebuah halaman web, serta untuk menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah web Internet, sedangkan Hypertext ini digunakan untuk menulis sebuah informasi apa saja kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Detailnya HTML merupakan berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata yang disimpan kedalam format ASCII, sehingga menjadi home page dengan perintah-perintah HTML yang saat ini kita gunakan BLOG sebagai salah satunya.

HTML merupakan kumpulan kode-kode yang dapat terbaca oleh browser yang terdiri dari sejumlah perintah dimana kita bisa men-set judul, garis, table, gambar dan lain- lain yang disebut TAG. HTML bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan/percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), yang kemudian berkembang menjadi sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). Sebagai contohnya seperti kode HTML pada Template blog anda

<html>
<head>
<title>SAHABAT BLOGGER 77</title>
</head>
<b:if cond="Devy Indriyani">
<div style="bgcolor: #cecece;">
</div>
<body>
<span black="" style="color: ”yellow”; font-family: ”arial;">SAHABAT BLOGGER 77</span>
</body>
</b:if>
</html>

jika anda perhatikan kode HTML Template anda, maka akan menjumpai contoh kode diatas, yang mana tulisan biru adalah tag, hijau adalah attribute dan orange adalah nilai/value dari attribute.

Konsep HTML diciptakan pertama kali oleh IBM pada tahun 1980 yang mengatur untuk meletakkan elemen-elemen bagian tertentu pada sebuah dokumen seperti judul, alamat dan isi dokumen, dan elemen-elemen itu berkembang menjadi suatu program untuk melakukan pemformatan dokumen secara otomatis, atau yang kita kenal sebagai MARKUP LANGUAGE atau program Generalized Markup Language (GML).

Kemudian konsep HTML ini pada tahun 1986 disetujui oleh ISO (International Standard Organization) sebagai standar bagi pembuatan dokumen-dokumen, sehingga ISO menamai GML ini menjadi SGML (Standard Generalized Markup Language).
Sedangkan pada Versi HTML yang selalu berkembang dan terupdate, Sebelum HTML ini disahkan sebagai suatu dokumen HTML standar, Versi HTML ini harus disetujui dulu oleh W3C untuk dievaluasi secara ketat, maka mau tak mau browser pun harus memperbaiki diri agar bisa mendukung kode-kode HTML yang baru tersebut. Sebab jika tidak, browser tak akan bisa menampilkan HTML tersebut.

Nah, berikut Pengertian HTML Template Berdasarkan Versi
HTML versi 1.0
Kemampuan yang dimiliki versi 1.0 ini antara lain heading, paragraph, hypertext, list, serta cetak tebal dan miring pada teks. Versi ini juga mendukung peletakan image pada dokumennya tanpa memperbolehkan meletakkan teks disekelilingnya (wrapping).

HTMl versi 2.0
Pada versi ini, penambahan kualitas HTML terletak pada kemampuannya untuk menampilkan suatu form pada dokumen. Dengan adanya form ini, maka kita dapat memasukkan nama, alamat, serta saran/kritik. HTML versi 2.0 ini merupakan pionir dari adanya homepage interaktif.

HTML versi 3.0
HTML versi 3.0 menambahkan beberapa fasilitas baru seperti table. Versi ini yang disebut juga sebagai HTML+ tetapi HTML versi ini hanya berlaku 4-5 bulan saja, karena langsung digantikan dengan HTML versi 3.2

HTML versi 4.0
HTML versi 4 ini memuat banyak sekali perubahan dan revisi dari pendahulunya. Perubahan ini terjadi di hampir segala perintah-perintah HTML seperti table, image, link, text, meta, imagemaps, form, dan lain- lain.

HTML versi 5
HTML versi 5 ini merupakan HTML versi terakhir saat ini, kita sebut juga sebagai HTML5 validasi. Pada HTML ini memiliki fitur baru yaitu : Unsur kanvas untuk menggambar, Video dan elemen audio untuk media pemutaran, Dukungan yang lebih baik untuk penyimpanan secara offline, Elemen konten yang lebih spesifik, seperti artikel, footer, header, nav, section, Bentuk kontrol form seperti kalender, tanggal, waktu, email, url, dan search. itu sebabnya jika pada HTML template masih ada kode "&" dan kode "editURL" dan sebagainya belum dianggap valid HTML5.
Segera validasi, Baca Belajar Mengubah Kode Template Agar Valid HTML5

Demikian sedikit penjelasan saya tentang Pengertian HTML Template Berdasarkan Versi, agar kedepannya kita dapat mengontrol saat ini kita menggunakan HTML Template versi berapa.?
Terimakasih, Salam Blogger

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA

Judul= Pengertian HTML Template Berdasarkan Versi
Ditulis oleh= Devy
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip (meng-Copy), baik itu sebagian atau keseluruhan isi dari artikel ini harap menyertakan link dofollow ke >>
= TERIMA KASIH =

12 komentar

  1. ya mbak ketika di smk dulu saya diajari html dasar sekarang udah html 5 itupun hanya hilangin yang quick edit biar valid sisanya sudah bawaan template

    BalasHapus
    Balasan
    1. menghapus quickedit juga sudah valid kok mas, tinggal kode & diganti menjadi &am; agar valid 100%, template saya juga masih ada 2 kode yang error,termasuk kode iklan yang saya pasang, belum sempat mau perbaiki,,hehe

      Hapus
    2. nah itu mbak kalau kode iklan itu gimana ya?

      Hapus
  2. jenis dan versi html ternyata banyak juga yaa mbak
    baru tau saya ini
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. google selalu mengirim updatetan HTML terbaru untuk diseleksi oleh W3C,sehingga yang valid saat ini HTML5 yang direkomendasikan oleh W3C, itu sebabnya para webmaster selalu memberikan suatu kode HTML dan menyebutkan bahwa itu sudah V-HTML5
      ceritanya sih begitu bang

      Hapus
  3. HTML dengan banyak versi kelebihan dan keunggulannya ini baru saya tahu di sini loh Mba, dan terimakasih atas sharingnya.


    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. info ini juga saya dapat dari wikipedia mas,hanya saya kembangkan saja

      Hapus
  4. sangat lengkap sekali penjelasan tentang pengertian dan macam2 HTML disini, sangat menambah pengetahuan saya :)

    makasih sharingnya mbak (f)

    BalasHapus
  5. waduuuh...pembahasan tingkat tinggi sepertinya nie, saya mah gak tau mbak kalo urusan yang beginian, ternyata html juga ada versi-versinya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe..hanya sedikit penjelasan saja mas,,
      terimaksih kunjungannya mas

      Hapus
  6. apa tandanya mba dev,,.klw template kt menggunakn versi2 di ats?,,














    (ini aNag sdh cantik pintar lgi,..),, dh punya pacar mba dev..?,..maap jgn dihirukn cuma cuma mw tau sj..hehehehe..!, cw idaman

    BalasHapus

  • Design
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • JQuery
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • CSS
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • HTML
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • JavaScript
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK