Mengajak Pengunjung Agar Tertarik Untuk Berkomentar - " PENASARAN " mungkin kata ini yang tepat untuk menggambarkan makna judul artikel tentang bagaimana Mengajak Pengunjung Agar Tertarik Untuk Berkomentar Di Blog, Karena anda sendiri sebagai pemilik blog tidak pernah tahu jumlah pengunjung yang berlalu lintas di blog anda setiap harinya, tetapi dengan adanya seseorang yang berkomentar di blog, sudah dipastikan ada tamu yang berkunjung di salah satu artikel blog anda.

Mengajak Pengunjung Agar Tertarik Untuk Berkomentar

Apakah pengunjung yang berkomentar di blog itu penting.?  sederhana saja, misalnya saja anda saat ini sedang rapat untuk membahas satu topik dan anda sebagai moderatornya, dengan berbicara, berceramah semua sudah anda sampaikan dalam rapat dan kata penutup anda berbicara bertanya.." APAKAH ADA PERTANYAAN DARI REKAN-REKAN SEKALIAN.? " tetapi yang terjadi tidak satupun anggota rapat yang memberikan komentar, Bagaimana perasaan anda.? sudah pasti topik yang anda bahas tidak akan menemukan jalan terang bukan.?
Begitupun dengan blog, dengan adanya komentar kita bisa sharing, memberi sedikit tambahan pengetahuan jika tulisan artikelnya kurang lengkap dan sebagai tempat berkenalan sesama blogger pastinya.

Jika anda sama seperti saya, yang sangat senang jika ada pengunjung yang berkomentar di blog anda, berikut Tips sederhana bagaimana Mengajak Pengunjung Agar Tertarik Untuk Berkomentar Di Blog.

Gambar Diskusi Untuk Berkomentar

I. ARTIKEL

Kolom komentar berada dibawah Artikel/Tulisan atau Postingan Blog, bukan ada dibawah Home Page, benar tidak guys..? hehe... Jadi pastikan artikel anda asli (Original). Dan buatlah se unik mungkin, maksudnya disini pastikan konten tulisan anda yang seakan-akan mengajak pengunjung/pembaca ikut serta untuk melengkapi tulisan artikel anda. Dengan begitu pengunjung/pembaca akan merasa seolah-olah ikut menulis dengan anda, dan yang pasti pengunjung akan melengkapi dengan memberi komentar.

II. TEMPLATE

Hal ini di fokuskan pada penampilan Template di blog anda, kalau masalah Penampilan Template mungkin anda sudah lebih paham dibanding saya. karena pada dasarnya berat-ringannya loading suatu blog itu sangat berpengaruh dengan Template yang anda gunakan pada blog. Maksudnya - misalnya anda ingin berkunjung kesalah satu artikel saya, tetapi saat anda browsing blog tidak kunjung terbuka karena loading yang berat, apakah anda akan menunggu.? tentu tidak..! Justru anda akan di off blog saya bukan.?
Dengan hal ini bagaimana pengunjung mau berkomentar, sedangkan untuk menuju halaman blog saja harus menunggu lama.

III. PERMUDAH BERKOMENTAR

Sesuai dengan topik diatas bagaimana cara Mengajak Pengunjung Agar Tertarik Untuk Berkomentar dengan mempermudah cara berkomentar, sedikit banyaknya dapat membantu pengunjung untuk berbagi di blog anda, karena pengunjung akan segera melihat isi komentarnya setelah dipublikasikan di blog anda, dengan begitu pengunjung akan merasa yakin jika komentarnya akan anda lihat.

Bagaimana jika komentar itu termasuk SPAM.? sedikit tambahan, kita hanyalah pengguna dan GOOGLE pemiliknya, kita sudah berusaha untuk memuat konten artikel yang berstandar menurut google, tetapi dikotori dengan komentar-komentar SPAM, maka google akan mem-BANNED blog komentar spam bukan blog penerima komentar spam. Namun jika anda masih khawatir akan hal ini, anda boleh moderasi komentar blog anda.

Dan usahakan untuk membalas semua komentar yang masuk secepat mungkin, karena tidak menutup kemungkinan mereka akan datang kembali ke blog anda untuk melihat apakah hal yang ditanyakan di komentar dapat respon dari anda.

Cukup sekian bagaimana cara Mengajak Pengunjung Agar Tertarik Untuk Berkomentar di Blog dari saya, jika anda sudah menerapkan ketiga hal diatas, dan menunggu komentar dari pengunjung, namun tidak ada juga yang berkomentar. ITU BERARTI ANDA BELUM BERKOMENTAR DI BLOG INI.
Bagaimana saya akan berkomentar di blog anda, sedangkan anda saja tidak tertarik untuk berkomentar di blog saya..? Beri Komentar yuuuukkk.. Hehe..!!!

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA

Judul= Mengajak Pengunjung Agar Tertarik Untuk Berkomentar
Ditulis oleh= Devy Indriyani
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip (meng-Copy), baik itu sebagian atau keseluruhan isi dari artikel ini harap menyertakan link dofollow ke >>
= TERIMA KASIH =

20 komentar

  1. nice betul sekali sist tapi kalau lagi presentasi di kelas saya kok malah senang ya tidak ada pertanyaan atau komentar soalnya yang ini lain . kalau presentasi dikelas banyak yang menanyakan jebakan-jebakan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sist friska gak bisa menjawab komentar jebakan, makanya enggan bila ada yang bertanya =))
      Tetapi terimakasih sist atas komentarnya

      Hapus
    2. Haha.. iya tuh bener. Kalau di sekolah dulu mah habis presentasi mendingan ga ada yang nanya hehe walapun yaa ada perasaan "garing" tapi jadi nggak perlu mikir. Kalau di blog mah sebaiknya malah harus banyak pertanyaan ya :)

      Hapus
  2. makin keren aja mbk
    kalau diblogku mbk udh tertarik belum ya untuk mengomentari

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap beri komentar di blog mas ronny,, waiting my a comennt okay mas...hehehe

      Hapus
  3. dalam sebuah rapat emang ada feedback atau komentar atau tanggapan dari audien akan membuat suasana lebih hidup, begitu juga dalam sebuah blog. tapi kalau penting dan tidaknya tergantung tujuan awal ngeblog, kalau memang dari awal ngeblog untuk menjalin silaturahim dengan blogger-blogger lain maka komentar sangat penting, tapi kalau tujuannya hanya mendaptkan kunjungan maka komentar tidak akan terlalu penting. maka tak heran kalau blog-blog komersil terkadang dikit banget komentarnya, karen tujuan mereka memang menjual, bukan ngobrol via blog, maka artikel dibuat sejelas mungkin sehingga tidak lagi menimbulkan pertanyaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat setuju sist Ika,,maka dari itu disana saya tuliskan sedikit kalimat "Jika anda sama seperti saya, yang sangat senang jika ada pengunjung yang berkomentar di blog anda"
      dan ini kan hanya beberapa tips yang seandainya sist ika punya tips lain yang ingin ditambahkan saya sangat berharap dan menunggu pendapat sist,

      Trimakasih atas kunjungan Sist...
      salam kenal ya Sist (f)

      Hapus
  4. trik yang paling bagus adalah blogwalking, jadi kalau postingan nya pengen banyak jumlah komentar nya adalah dengan cara blogwalking di blog-blog yang admin nya mau comment back. Jadi terjadi win win solution :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trik bagus mbak,,ea tadinya mau saya tambahkan di poin ke 4, :-)
      karena saya lebih senang menjalin persahabatan lewat blog ketimbang sibuk mikirin traffik, karena saya yakin lambat laun traffik blog juga bisa OK jika disupport dengan artikel yang baik..ea gak mbak Eka.

      terimakasih untuk pendapatnya mbak

      Hapus
    2. Makanya Mbak Ririn itu komentarnya ada dimana-mana. :)

      Hapus
  5. kalau saya pribadi, misal kasih komentar di blog lain, trus pake approval dulu sebelum ditampilkan, mungkin cukup sekali itu saja saya berkomentar, atau bahkan ga berkunjung sama sekali besok-besoknya.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali bang hari,,berharap dan menunggu untuk melihat komentar kita, tetapi karena di approve jadi kagak muncul, ea agak kesal sekali sih, tapi mungkin itu pribadi masing-masing, makanya kolom komentar saya permudah, publis komentar langsung muncul,,
      ea gak bang.. :)

      Hapus
  6. Blog saya masih sepi komentar mbak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ntar saya turut meramaikan dech.. ehehehe

      Hapus
  7. kira kira blog saya orang sudah tertarik apa belum untuk berkomentar (pemula)
    bisa di cek http://adaadaajaniblog.blogspot.com

    BalasHapus
  8. udh kyk gitu, tpi kotak komentarnya masih aja kosong.. ;((

    BalasHapus
  9. mantap. thanks share nya mbak

    BalasHapus

  • Design
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • JQuery
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • CSS
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • HTML
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK
  • JavaScript
    X
    Teks menu masih dalam tahap perbaikan, Untuk sementara Anda akan dialihkan ke link HOME. Terimakasih.!

    KLIK